Penyebab Dan Cara Alami Mengobati Batuk Kering

Noproductive cough dalam Bahasa Inggris yang artinya batuk kering. Apakah anda tahu apa perbedaan dari batuk kering dengan batuk berdahak? Batuk kering sendiri merupakan batuk yang tidak menghasilkan dahak atau lendir (kering). Sementara batuk berdahak dimana keadaan batuk mengeluarkan dahak atau lendir yang berasal dari hidung maupun sinus serta paru-paru.

Pada umumnya batuk merupakan gangguan atau gejala dari infeksi paru-paru. Jadi, batuk bukanlah suatu penyakit. Namun, bukan berarti batuk tidak berbahaya. Seketika sedang mengalami batuk kering segera melakukan tindakan bijak. Bisa saja batuk kering yang anda alami bersifat abnormal berarti ada penyebab dari penyakit lain. Supaya anda lebih memahami dalam mengobati penyebab adanya batuk. Simak dengan seksama berikut ini.

Penyebab Dan Cara Alami Mengobati Batuk Kering

Penyebab

  • Asma

Asma termasuk penyebab dari batuk kering. Biasanya penderita akan kerap mengalami batuk tersebut di malam hari. Buruknya jika batuk kering berkaitan dengan asma akan menjadikannya semakin memperparah jika si penderita terkena udara dingin, kering, uap kimia, hingga bebauan tertentu.

  • Bronkitis Kronis

saluran bronkial akan tetap meradang dengan cukup lama, maka mampu menimbulkan batuk kering atau tanpa dahak/lendir. Adapun gejala lain yang dipicu adalah sulit dalam bernapas, kelelahan bahkan menggigil.

  • Alergi

Apabila anda orang yang termasuk alergi kemungkinan batuk kering akibat hal ini. Beberapa alergi biasanya dipicu oleh serbuk sari atau biji-bijian hingga debu. Jika anda memang merasa memiliki batuk alergi maka harus menghindari iritasi ini.

  • Penyakit Virus

 

Penyakit virus biasanya seperti pilek. Kemudian akan disertai dengan batuk kering yang dapat berlangsung dalam beberapa minggu lebih lama. Hal ini dikatakan lebih lama dari gejala lain karena akibat virus yang selalu menggelabuhi batuk kering tersebut.

 

  • Merokok

Sudah tidak diherankan lagi bahwa merokok dapat menyebabkan batuk kering kronis. Batuk yang dikarenakan akibat merokok juga menimbulakn batuk berdahak. Dengan demikian, seorang perokok yang terkena batuk kering harus segera menghentikan rokok.

Cara Alami Mengobati Batuk Kering

1.Kunyit dan Lada Hitam

Siapkan kunyit dan lada hitam. Secangkir air digunakan untuk merebus, lantas tambahkan masing-masing 1 sendok teh dari bubuk kayu manis, bubuk lada hitam dan kunyit. Campurkan semua ketiga bahna tersebut. Setelahnya minum ramuan ini 3 kali sehari saja.

  1. Susu dan Madu

Kombinasi susu madu dapat meringankan sakit tenggorokan dan obat batuk kering. Madu 1 sdm dalam segelas susu hangat untuk dicampurkan dari keduanya hingga merata. Selanjutnya minumlah menjelang tidur malam. Jadi, diterapkan hanya sekali dalam sehari.

  1. Jahe

Tidak salah jika anda batuk kering mengobatinya dengan jahe. Potonglah jahe dengan tipis dan haluskan. Jahe direbus dalam air selama 1 jam. Supaya enak akan rasanya  tambahkan sedikit gula. Kemudian, anda harus meminumnya minimal 2 kali dalam sehari.

  1. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang mampu membantu sistem kekebalan tubuh agar rentan terhadap penyakit. Bahannya, yakni 1 sdm air lemon yang disatukan dengan 1 sdt madu. Setelah itu, barulah anda minum. Sebaiknya dikonsumsi secara berkelanjutan agar efektif.

  1. Berkumur Garam Air

Berkumur dalam air garam terbilang manjur dalam obat batuk kering. Siapkan 2 gelas air hangat dan 2 sdm garam meja biasa. Tunggulag larutan mencampur. Setelah itu, gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Lakukan minimal 3 kali dalam sehari atau boleh lebih.

Demikian penyebab dan cara alami dalam mengatasi batuk kering. Apabila telah melakuakn pengobatan yang telah disebutkan di atas, tetapi tidak memiliki efek apapun dalam waktu 10 hari, mintalah bantuan medis yang lebih profesional.

Mengenali Penyebab Flek Paru – Paru

Gangguan fungsi pernafasan memang memiliki beragam jenisnya, seperti misalnya flek paru – paru yang merupakan salah satu penyakit yang menyerang paru – paru, dimana penderitanya akan mengalami gangguan dalam bernafas dan juga akan mengalami kesulitan dalam bernafas. Flek paru ini, akan dikenali dengan beberapa gejala, seperti kesulitan dalam bernafas. Flek paru paru ini, erat kaitannya dengan penyakit Turberkulosis atau TB yang mana merupakan salah satu jenis penyakit yang menular.

Penyebab flek paru – paru ini sendiri, ternyata bermacam – macam, penyakit ini memang merupakan penyakit yang bisa bertahan lama, terutama jika anda berada di daerah yang memiliki hawa dingin, maka penyakit ini akan mudah sekali untuk berkembang. Namun untuk mencegahnya, maka anda perlu mengenali terlebh dahulu faktor yang menjadi penyebabnya. Dan berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa anda ketahui yang merupakan penyebab dari flek paru – paru pada tubuh anda.

Mengenali Penyebab Flek Paru – Paru

  1. Lemahnya sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang lemah, akan menjadi salah satu penyebab dari penyakit flek paru – paru ini sendiri. Lemahnya sistem imun dalam tubuh ini, juga memiliki peranan utama dalam memicu resiko penyakit lainnya seperti gangguan HIV/AIDS atau bahkan kanker yan ganas. Maka dari itu, sebaiknya anda mesti menguatkan sistem imun dalam tubuh anda, agar nantinya resiko flek paru – paru dalam tubuh bisa dapat dihindari.

  1. Berkunjung ke daerah yang terinfeksi virus TB

Penyakit flek paru – paru ini, disebabkan oleh virus TB yang merupakan salah satu penyakit yang menular. Maka dari itu, jika anda kerap mengunjungi daera dimana terdapat wabah virus TB atau memang terkenal akan daerah yang berpotensi terinfeksi virus yang satu ini, akan menyebabkan anda menjadi mudah tertular. Daerah daerah ini antara lain seperti, Afrika, China, India, dll.

  1. Faktor pekerjaan

Pekerjaan juga bisa menjadi faktor tubuh mudah terinfeksi virus TB. Beberapa jenis pekerjaan yang bisa memicu berkembangnya virus TB yang menjadi penyakit flek paru – paru ini antara lain seperti tenaga medis yang kontak langsung dengan penderita flek paru – paru. Atau bahkan orang yang sering bekerja larut malam, maka akan menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan terkena penyakit menular yang satu ini.

  1. Penyalahgunaan obat – obatan berbahaya

Penyalahguunaan obat – obatan berbahaya seperti narkotika, atau alkhohol juga merupakan salah satu faktor penyebab dari flek paru – paru ini didalam tubuh anda. maka dari itu, anda mesti menjaga kesehatan tubuh anda dengan menjauhi obat – obatan terlarang. Ternyata, merokok pun bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan terjadinya flek paru – paru pada tubuh anda.

  1. Lingkungan yang tidak bersih

Penyebab lainnya dari resiko flek paru – paru ini adalah dari faktor lingkungan yang tidak bersih. Lingkungan yang tidak bersih ini, akan menyebabkan bakteri dan virus penyebab penyakit ini, berkembang biak secara pesat. Hal ini akan menyebabkan anda lebih rentan terserang flek paru – paru.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab flek paru – paru pada tubuh yang bisa anda kenali. Maka sebisa mungkin anda mesti mencegah agar diri dan keluarga serta orang lain tidak terjangkiti penyakit menular yang satu ini, dengan mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Histats.com © 2005-2018 - GDPR: tracker policy -Integrate your policy - this website policy - Check/do opt-out