Tips Berpuasa Sehat Bagi Ibu Hamil

Ramadhan telah datang, bulan penuh berkah dan ampunan telah hadir kembali untuk kita membersihkan diri dari dosa serta memperbaiki amal ibidah menuju manusia fitrah. Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas hukum (secara agama), akan tetapi kita akan sharing tentang bagaimana Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil agar ibu yang ingin menjalankan puasa tetap aman dan nyaman.

Mungkin ada sebagian ibu muda yang bertanya saat hamil boleh nggak kita tidak menjalankan ibadah puasa? Dari beberapa info yang kami dapat, wanita hamil boleh meninggalkan puasa dengan beberapa syarat, tidak sehat dan tidak kuat menjalankan puasa. Tidak sehat maksudnya terjadi sesuatau yang tidak sewajarnya baik pada ibu maupun pada janin dalam kandungan misalnya anemia, pusing berkelanjutan, mual dan muntah dan lain sebagainya.

Saat telah di nyatakan sehat dan tidak ada masalah oleh dokter ahli kandungan maka saatnya untuk berimprovisasi bagaimana cara terbaik yang dapat di lakukan selama menjalani ibadah puasa. Sekali lagi yang dapat mengetahui sehat atau tidaknya, kuat atau tidaknya berpuasa adalah diri anda sendiri. Untuk itu jika memang anda yakin kuat dan sanggup berpuasa maka lakukan puasa dengan niat ikhlas yakin karena Allah.

Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Beberapa Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil di bawah ini dapat membantu anda berimprovisasi selama menjalankan ibadah puasa.

Tips Saat Sahur

  • Saat makan sahur usahakan makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, seperti nasi,  sayur , ubi dan gandum.
  • Jangan makan makanan yang banyak mengandung gula, kandungan gula akan menimbulkan efek gampang lapar, lemas dan letih karena hormon insulin terpicu untuk membakar gula dalam darah.
  • Sediakan buah buahan yang cukup saat makan sahur serta minum segelas susu untuk melengkapi vitamin untuk sehari penuh.
  • Saat waktu sahur menjalang habis, minumlah air putih sebanyak yang anda mampu. Ini untuk menghindari kekurangan cairan selama puasa.

Tips Saat Berbuka

Ketika waktu berbuka telah tiba, mulailah dengan minum minuman hangat di susul dengan memakan makanan manis seperti kurma, buah segar seperti peer. Hindari buah yang mengandung asam seperti jeruk, belimbing yang rentan menimbulkan iritasi lambung (Maag). Jus aneka buah murni lebih baik lagi untuk melengkapi kebutuhan pertama yang akan segera di proses oleh tubuh.

Sebenarnya makanan buka puasa terbaik adalah air putih hangat dan kurma Bu, sebab buah kurma sudah mengandung karbohidrat sederhana dalam jumlah banyak, juga mengandung zat besi yang cukup. Selain itu, buah kurma juga mengandung banyak kadar gula untuk mem- backup kebutuhan gula tubuh.

Saat berbuka jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan, waktu shalat maghrib adalah waktu jeda yang memberikan kesempatan kepada tubuh untuk mengolah makanan pembuka. Jadi jangan kalap Bu ya,. mentang – mentang sudah maghrib langsung tancap habisin semua makanan yang ada,. hehe,.Setelah sholat maghrib, baru ibu bisa mengkonsumsi makanan dengan porsi besar misalnya nasi + sayur. Jangan terlalu kenyang ya Bu,. sewajarnya saja asal sudah tidak merasakan lapar berarti makanan yang kita makan sudah cukup.

Tips Tambahan

Setelah menjalankan ibadah sholat tarawih waktunya untuk mengkonsumsi makanan pendukung lain seperti buah, susu atau jika ibu hamil ingin menambah makan nasi, inilah waktunya. Bagi ibu yang suka ngemil saat yang pas buat ngemil bersama suami tetapi usahakan memilih makanan ringan yang mengandung nutrisi sehingga kebutuhan ibu dan janin terpebuhi.

Jangan lupa perhatikan juga konsumsi cairan yang di perlukan tubuh. Sering minum adalah cara terbaik untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Minum sedikit tetapi sering adalah cara terbaik untuk menghindari rasa eneg. Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat untuk mnghindari sembelit yang sering di alami oleh ibu hamil.

Dari beberapa Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil di atas, anda dapat berimprovisasi sendiri sesuai kemampuan masing – masing. Apapun tips nya dapat di lakukan asalkan dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu dan janin. Tak lupa kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1435 H /2018 M semoga amal ibadah kita di terima dan tetap di berikan kekuatan khususnya untuk ibu hamil yang sedang menunggu si buah hati.

Speak Your Mind

*