Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Yang Patut Diwaspadai

Pada umumnya sakit kepala timbul tanpa alasan yang serius atau pasti. Akan tetapi, jika sakit kepala yang anda rasakan secara terus-menurus, tentu saja ada hal yang tidak beres. Memang, sakit kepala merupakan hal wajar yang kerap terjadi oleh semua orang. Namun, perlu diwaspadai dimana sakit kepala anda terjadi, di bagian kepala sebelah mana? Belakang atau migrain?

Apabila kemunculan sakit kepala di bagian belakang, maka bisa ditimbulkan dari gejala atau penyakit lain. Supaya lebih baik berikanlah perhatian khusus, meskipun tidak terlalu berbahaya. Akan tetapi, mampu menghalangi proses kinerja anda. Oleh karenanya,  lakukanlah pengobatan yang bijak. Dengan demikian, anda perlu mengerti setiap hal yang menjadi penyebab sakit kepala bagian belakang seperti berikut ini.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Yang Patut Diwaspadai

1.Ganguan Tulang Belakang pada Leher

Penyebab sakit kepala yang nyeri amat dalam pada kepala bagian belakang ditimbulkan karena ada gangguan di daerah tulang belakang tepatnya di leher. Menurut dunia medis tulang belakang dan leher tersebut telah mengalami disfungsional, sehingga otot-otot leher akan mengalami ketegangan. Sebaiknya lakukan tindakan bijak dengan pergi ke dokter, karena dapat terjadi hal yang buruk yang memicu peradangan pada otak yang ditandai gejala awalnya seperti itu, yakni nyeri yang sangat dalam.

  1. Gangguan Migrain Basilar

Migrain memang sakit kepala sebelah, akan tetapi migrain basilar berbeda. Biasanya jika anda terkena gangguan ini maka akan terasa pada di area belakang kepala, terutama di arteri basilar. Gejala awal yang memicunya yakni pandangan kabur, buta, pusing serta telinga berdenging. Namun, anda patut diperhatikan karena dapat beresiko stroke.

3.Sakit Kepala Kronis

Selanjutnya ada sakit kepala kronis yaitu seseorang akan merasakan sakit kepala setiap hari berturut-turu sekitar 3 bulan. Hal ini dikarenakan cedera di bagian leher akibat kelelahan yang berarti. Selain itu, akibat otot yang menegang di bagian belakan leher. Setidaknya anda harus melakukan fisioterapi sesuai anjurang dokter. Hindari obat pereda nyeri supaya tidak memperparah keadaan.

  1. Sakit Kepala Tegang

Sakit kepala tegang sering kali dikeluhkan banyak orang. Beberapa yang memicunya yakni stres, tegang, rasa lapar dan kurang istirahat atau tidur. Saat sakit kepala tegang seseorang akan merasakan tegang dengan tekanan di bagian belakang kepala, leher serta dahi selama 30 menit bahkan hingga beberapa hari. Untuk, itu anda harus menghindarai pemicu tersebut, karena dapat menganggu aktivitas anda.

  1. Sakit Kepala Fisik

Sakit kepala fisik, mungkin anda bingung mencernanya. Ya, sakit kepala fisik termasuk sakit kepala yang disebabkan oleh aktivitas fisik yang beragam, misalnya berlari secara berlebihan, batuk , serta hubungan seks. Nah, sakit kepala fisik ini akan terasa di bagian belakang kepala, yang area mata bahkan seluruh bagian kepala. Perlu diwaspadai karean dapat menimbulkan gangguan kesehatan berupa pembuluh darah pada otak.

6. Perhatikan Posisi Kerja

Perhatikan posisi anda dalam bekerja, sebab akan mempengaruhi otot-otot leher anda.  Jika anda otot yang diberikan kaku dalam jangka waktu lama, maka otot sendiri akan tegang di bagian leher. Dengan anda merasa tegang kemungkinan akan memberikan sakit kepada kepala bagian belakang. Karenanya selingi dengan gerakan tubuh yang rileks.

Sekian yang bisa disampaikan mengenai penyebab sakit kepala pada bagian belakang. Oleh sebab itu, perhatikan dan waspadai segala penyebab yang menimbulkan sakit kepala. Segera ambil tindakan cepat jika sakit kepala anda berlebihan.

Beberapa Faktor Penyebab Dan Gejala Sakit Kepala Sebelah

Sakit kepala sebelah merupakan salah satu jenis sakit kepala yang sangat mengganggu. Migrain disebabkan karena berbagai faktor. Walaupun hanya di sebelah bagian kepala saja namun rasanya sama sakitnya dengan sakit kepala pada umumnya. Penyebab dari sakit kepala sebelah ini pun bermacam-macam. Sebagian besar sakit kepala sebelah disebabkan stress. Stress akan menyebabkan aliran pembuluh darah menjadi tidak lancar. Sehingga suplai darah dan oksigen di kepala menjadi tidak lancar.

Migrain juga meninggalkan berbagai gejala. Sebenarnya gejala migrain hampir sama dengan jenis penyakit lainnya. hanya saja intensitasnya lebih sering dan kerap terasa di satu bagian saja. kendati mengatasi migrain tidak terlalu sukar namun sebaiknya anda tahu terlebih dulu apa saja gejalanya agar rasa sakit kepala sebelah bisa diatasi secara cepat. selain itu mengenali penyebab migrain juga efektif sebagai tindakan pencegahannya. Berikut ulasan selengkapnya untuk penyebab dan gejala sakit kepala sebelah.

Beberapa Faktor Penyebab Kepala Sebelah

  1. Stress

Stress bisa menyebabkan penyempitan di beberapa bagian tertentu pembuluh darah. Maka dari itu stress bisa menjadi penyebab utama sakit kepala sebelah. Biasanya tekanan pekerjaan, masalah, dan berbagai pikiran lainnya menjadi sebab utama seseorang mengalami stress yang berakibat pada sakit kepala sebelah.

  1. Faktor genetik

Genetik juga berpengaruh besar sebagai penyebab sakit kepala sebelah. Biasanya pengidap migrain sebelumnya memiliki kerabat dekat yang mengalami migrain pula. Faktor genetik ini sendiri pun tidak bisa dicegah karena terjadi begitu saja. namun bisa diredakan dengan berbagai cara pengobatan khusus migrain.

  1. Faktor hormon

Perubahan hormon ketika menstruasi, stress, atau kehamilan bisa menyebabkan migrain. Pasalnya hormon yang berubah-ubah ini akan memengaruhi kinerja pembuluh darah di kepala sehingga menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala sebelah. Biasanya menjelang menstruasi seseorang akan mengalami migrain namun akan hilang sendirinya ketika sudah memasuki menstruasi.

Gejala Sakit Kepala Sebelah

  1. Gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan biasanya akan terjadi sebagai gejala paling awal sakit kepala sebelah. Hal ini dikarenakan pembuluh darah yang menyempit membuat aliran darah ke mata menjadi terganggu. Bayangan cahaya akan nampak seperti kilatan dan membentuk pola berlikut sehingga yang tersisa hana titik-titik gelap pada penglihatan saja.

  1. Pingsan

Walaupun gejala satu ini jarang terjadi namun pingsan kerap dialami penderita jika migrain sudah dalam tahapan parah. Seseorang akan mengalami pingsan karena aliran darah menuju otak terganggu serta suplai oksigen tidak cukup mengalir ke area tersebut. efeknya akan menyebabkan penderita kerap mengalami pingsan.

  1. Kehilangan keseimbangan

Keseimbangan anggota tubuh pun akan hilang karena tidak lancarnya aliran darah pada tubuh seseorang. Migrain akan menyebabkan aliran darah menuju otak dan oksigen tersendat. Hal inilah yang membuat keseimbangan tidak baik. selain itu rasa sakit yang hanya dirasakan di bagian sebelah saja menjadi faktor utama mengapa keseimbangan seseorang terganggu.

  1. Rasa kebas pada bagian tangan

Munculnya rasa kebas pada tangan biasanya disebabkan kekurangan vitamin B kompleks. namun bisa menjadi gejala migrain akibat aliran darah yang tidak lancar. Rasa kebas ini akan menjalar dari tangan, bibir hingga lidah. banyak yang mengira kebas hampir sama dengan kesemutan biasa namun intensitas karena migrain lebih sering.

Itu dia berbagai penjelasan seputar gejala dan penyebab sakit kepala sebelah. Semoga bermanfaat dan segera periksakan diri ke dokter jika sakit kepala sebelah sering anda rasakan.

Akibat Dari Terlalu Sering Sakit Kepala

Sakit kepala kerap disepelakan. Bahkan ada yang menganggapnya tidak terlalu parah meskipun kerap mengalaminya. Sakit kepala tidak boleh anda remehkan karena bisa menyebabkan berbagai masalah serius. Bahkan penyakit yang cukup parah bisa disebabkan lantaran penderita kerap mengalami sakit kepala. Sakit kepala disebabkan karena berbagai faktor. Seperti pembuluh darah yang tersumbat, aliran oksigen yang tidak lancar, hingga kekurangan asupan cairan, makanan, dsb.

Sebisa mungkin sebelum terlambat anda mesti mengobati sakit kepala. Karena jika sudah terlanjur akan menyebabkan penyakit yang terbilang sulit mengatasinya. Walaupun sakit kepala mudah diatasi dan terbilang ringan, anda mesti waspada jika sudah terlalu sering dialami. Risiko kanker, tumor, hingga radang selaput otak bisa terjadi dengan sinyal terlalu sering sakit kepala. Berikut ini akan dipaparkan secara jelas tentang apa saja akibat yang bisa anda dapatkan jika terlalu sering sakit kepala.

Berbagai Akibat Terlalu Sering Sakit Kepala

  1. Gangguan pembuluh darah otak

Sakit kepala disebabkan karena aliran darah yang tidak lancar. Jika hal ini terus terjadi akan membuat pembuluh darah otak terganggu. Jika sudah dala tahapa gangguan pembuluh darah pada otak maka anda akan mengalami berbagai gangguan. Seperti sensasi mati rasa, kejang, sulit berbicara, hingga tidak sadarkan diri.

  1. Tumor otak

Jangan remehkan sakit kepala karena bisa menjadi sebab awal munculnya tumor otak. Sakit kepala yang terus berulang akan memicu pertumbuhan sel kanker di bagian tersebut. Tumor otak merupakan jenis penyakit yang sulit disembuhkan. Bahkan tak jarang bisa menyebabkan kematian. Gejala umum tumor otak meliputi gangguan fungsi sensorik, motorik, dan menurunnya berat badan secara drastis.

  1. Penyakit infeksi

Sakit kepala yang terus menerus akan menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang. Akibatnya penyakit infeksi pun mudah dialami. Infeksi ini disebabkan karena bakteri, jamur, virus mudah masuk ke dalam tubuh. Infeksi bagian kepala yang paling parah adalah meningitis atau infeksi selaput otak. Infeksi satu ini pun sulit disembuhkan dan menyebabkan kematian.

  1. Gangguan metabolisme tubuh

Sakit kepala yang terus menerus juga menyebabkan turunnya metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh pun menjadi terganggu. Hal ini disebabkan karena tubuh sering mengalami perubahan ekstrim. Padahal metabolisme berperan penting untuk kesehatan tubuh seperti membakar lemak dan meningkatkan kekebalan tubuh. metabolisme yang terganggu tentu akan menyebabkan seseorang mudah lemas dan rentan obesitas.

  1. Daya tahan tubuh menurun

Sakit kepala erat kaitannya dengan daya tahan tubuh. Jika diremehkan maka anda akan rentan mengalami infeksi, atau penyakit tertentu. Pasalnya daya tahan tubuh yang menurun menyebabkan berbagai gejala tersebut. sakit kepala akan menyebabkan pembuluh darah menyempit dan aliran oksigen tidak merata ke bagian kepala. Hal ini yang menjadi sebab utama daya tahan tubuh menurun.

Itu dia berbagai akibat dari terlalu sering sakit kepala. Jadi jangan remehkan sakit kepala dan segera obati agar tidak berakibat fatal. Semoga bermanfaat.

Histats.com © 2005-2018 - GDPR: tracker policy -Integrate your policy - this website policy - Check/do opt-out