Penyebab Munculnya Jerawat di Dahi yang Harus Kamu Tahu

Penyebab Jerawat

Penyebab Munculnya Jerawat

Kulit wajah memang lebih sensitif diantara bagian kulit lainnya. Hal ini yang membuat bagian kulit itu cenderung berpotensi atas timbulnya jerawat. Produksi minyak dan ukuran pori-pori di kulit wajah juga sangat mudah untuk berubah dalam kondisi tertentu. Misalnya pada dahi yang lebih sering muncul jerawat dengan ukuran kecil dalam jumlah banyak. Untuk mengatasi masalah jerawat pada dahi sebaiknya ketahui dulu faktor penyebabnya. Berikut ini adalah penyebab munculnya jerawat di dahi:

  1. Kulit kepala yang cenderung sangat berminyak

Penyebab timbulnya jerawat adalah kulit yang berminyak secara berlebihan. Bagian kulit berminyak memiliki potensi besar untuk menempelnya banyak bakteri hingga masuk ke dalam pori-pori kulit. Bagian kepala yang cenderung bermasalah akan mempengaruhi kondisi di sekitar bagian itu. Apalagi letak dahi yang berdekatan dengan kulit kepala akan semakin memudahkan timbulnya jerawat. Kulit kepala yang akan sangat berminyak berdampak pada menempelnya kotoran hingga bakteri di sekitar bagian itu. Kotoran penyumbat pori-pori ini yang membuat jerawat sangat mudah timbul di bagian dahi.

  1. Alergi penggunaan obat tertentu

Setiap orang memiliki imunitas tubuh yang berbeda. Hal ini juga termasuk dalam mengkonsumsi obat tertentu dan berdampak pada kondisi kulit. Sebagian orang yang mengalami alergi konsumsi obat tertentu biasanya mengalami perubahan kondisi kulit. Hal ini bisa dilihat pada munculnya jerawat di kulit wajah, terutama dahi. Jenis obat yang sering memiliki efek samping pada kulit seperti paracetamol dan antibiotik. Hal ini yang membuat beberapa dokter dan apotik mengeluarkan resep untuk konsumsi obat ini dalam jangka panjang.

  1. Pori-pori yang tersumbat

Ini adalah salah satu dari penyebab munculnya jerawat di dahi yang sering dialami banyak orang. Timbulnya jerawat yang terjadi pada dahi memang sering disebabkan oleh menempelnya banyak kotoran hingga bakteri pada permukaan kulit. Hal ini membuat lubang pori-pori juga tertutup rapat dan tidak memiliki kesempatan untuk mendapatakn oksigen yang baik. Kondisi kulit yang sangat berminyak menjadi penyebab mudahnya berbagai kotoran yang menempel pada bagian kulit wajah. Selain itu, penggunaan dari aksesoris di kepala yang menempel langsung pada dahi juga menyebabkan kotoran banyak menutupi pori-pori.

  1. Stres berlebihan dalam jangka waktu sangat lama

Kondisi hormon yang tidak stabil memang sering menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah, terutama pada bagian dahi. Biasanya kondisi hormon seperti itu akibat gaya hidup yang tidak sehat hingga stres. Jerawat di dahi memang lebih banyak dipengaruhi oleh pikiran yang sangat berlebihan. Pikiran stress seperti ini bisa juga berasal dari kerjaan yang menumpuk, kurang istirahat atau adanya gangguan pada bagian saraf. Banyak dokter menyarankan untuk menghindari stres berat. Apalagi ini juga berpengaruh pada kondisi tubuh.

  1. Faktor genetik

Munculnya jerawat yang ada di bagian dahi bisa saja disebabkan oleh faktor genetik atau turunan. Mungkin kamu bisa menelusuri apakah anggota keluarga kamu ada yang pernah memiliki jerawat di bagian dahi dalam jumlah cukup banyak. Penyebab yang berasal dari faktor genetik seperti ini hanya bisa diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat.

 

Sebagian dari penyebab munculnya jerawat di dahi seperti itu memang sering dialami banyak orang. Namun, ini bisa menjadi salah satu pertimbangan penting untuk menentukan perawatan ideal. Untuk jerawat yang berlebihan sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter kulit.

 

Speak Your Mind

*

Histats.com © 2005-2018 - GDPR: tracker policy -Integrate your policy - this website policy - Check/do opt-out