Penyebab Alergi Kulit Yang Perlu Diwaspadai

Perlu diperhatikan supaya anda mengerti perbedaan pada setiap penyebab dari alergi kulit, sehingga tidak menimbulkan salah kaprah. Setiap penderita alergi kulit memiliki jenis alergi yang berbeda, misalnya alergi karena dingin,  lantas ada juga yang alergi terhadap paparan sinar matahari, seharusnya sinar tersebut banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung vitamin D.

Apabila anda termasuk orang yang mengidap alergi kulit harus berhati-hati dalam setiap melakukan pekerjaan, terutama yang bersentuhan langsung dengan berbagai bahan kimia atau hal lain. Alergi terjadi akibat tubuh tidak cocok dengan keadaan kondisinya, baik dari dalam maupun luar. Biasanya ditunjukan dengan reaksi gatal, bintik dan merah. Berikut ini beberapa penyebab alergi pada kulit yang perlu diwaspadai.

Penyebab Alergi Kulit Yang Perlu Diwaspadai

1.Kutu Debu

Kutu debu adalah berbagai jenis debu rumahan yang bercampur dengan debu dari hewan yang mengelupas, debu dari serta lain, beberapa jamur, spora serta bakteri. Selain itu, makanan yang berbahan mentah dan kulit dari tanaman mati juga akan memicunya. Biasanya debu-debu tersebut berada di  kasur atau bantal dan guling. Bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif pengaruhnya lebih banyak dibandingkan dengan yang lain.

  1. Antibiotik

Pada kecelakaaan pertolongan pertama terkadang menggunakan antibiotic topical. Biasanya antibiotic tersebut berupa krim atau salep. Jika seseorang memiliki masalah iritasi pada kulitnya kemungkinan saat zat yang bernama Neomycin sulfate yang terkadung  didalam salep atau krim, telah bersinggungan dengan kulit tersebut. Untuk itu, bagi anda yang memiliki kulit sensitif hindarilah penggunaan antibiotik.

  1. Parfum

Biasanya parfum mengandung zat balsam peru yang dapat menimbulka alergi pada seseorang. Selain itu, bahan yang berasal dari getah pohon akan sangat berpengaruh terhadap pasien alergi, hal ini diungkapan pada penelitian klinik Mayo. Alergi yang direaksikan yakni ruam memerah. Akibatnya kulit terindikasi mengalam infeksi. Setidaknya bagi anda yang alergi parfum hentikan penggunaannya supaya tidak beresiko parah.

  1. Aroma Bebauan

Tidak semua orang memang mengalami alergi yang seperti ini. Akan tetapi perlu diperhatikan biasanya, hanya dengan mencium aroma pada makanan akan menimbulkan resiko terkena alergi. Bukan hanya makanan saja, beberapa produk yang bersinggungan dengan gigi atau mulut, seperti antiseptik, kosmetik, serta sabun juga dapat memicunya.

  1. Makanna Seafood

Seafood atau hasil olahan laut terjakadang menimbulkan gatal-gatal secara berlebih. Menurut beberapa pengakuan orang hal ini terjadi akibat makanan seafood memang amis dan asin,  sehingga tidak tahan akan kondisi tersebut maka terjadilah alergi. Selain itu, ditemukan juga penyebab lain yakni senyawa pada seafood  yang mampu beresiko alergi.

  1. Sari Bunga dan Pohon

Alergi terhadap sari bunga atau pohon akan diketahui jika seseorang akan memotongnya. Nah, untuk menghindarinya dapat menggunakan masker saat mau melakukannya. Menurut penelitian, alergi ini dipengaruhi kebanyak orang hingga mencapai 70 %.

  1. Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan juga mampu memunculkan reaksi alergi pada kulit. Pada anak-anak yang timbul akibat yang sudah terkena asma hampir 40%. Selain itu, mereka juga alergi akan protein dari kulit hewan tersebut dan air seni bahkan air liurnya.

Sekian yang bisa dipaparkan dari beberapa penyebab kulit alergi yang harus anda waspadai selalu. Biasakan untuk hidup sehat dengan menjaga kebersihan tubuh sekaligus lingkungan di sekitar anda.

Speak Your Mind

*