Tips Alami Menghilangkan Komedo di Hidung

Menghilangkan Komedo

Menghilangkan Komedo

Komedo bisa menjadi menyebalkan bila dibiarkan terlalu lama. Bahkan, beberapa orang yang memiliki pori-pori cukup besar biasanya akan sangat mudah mendapatkan komedo. Selain itu, faktor lingkungan dan kondisi dari kulit juga mempengaruhi munculnya komedo dalam waktu yang lebih cepat. Ini yang membuat kamu harus terus melakukan perawatan dengan cara membersihkan teratur seluruh bagian kulit. Biasanya, komedo yang terdapat di bagian kulit wajah akan mengumpul di permukaan kulit hidung. Ini terjadi karena bagian hidung cenderung memproduksi minyak yang lebih banyak. Jangan khawatir, karena kamu juga bisa menghilangkan komedo di hidung tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

 

Berikut ini cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo di hidung, seperti:

 

  1. Menggunakan pore cleansing strips

Ini adalah salah satu cara mudah yang sering dilakukan untuk menghilangkan komedo di hidung. Biasanya cara membersihkan komedo ini menggunakan strips yang bisa ditemui di toko-toko kosmetik atau apotek. Ada banyak merek yang bisa kamu pilih sesuai dengan jenis dan ukuran dari strip. Strip ini berfungsi untuk mengangkat komedo yang menempel di bagian hidung. Cara menggunakan strip ini juga cukup mudah dan tidak akan membutuhkan bahan kimia lain. Kamu hanya membasahi bagian hidung dengan sedikit air lalu tempelkan strip sesuai dengan lekuk dan bentuk. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit lalu cabut strip itu dengan cepat. Kamu juga bisa melihat komedo yang terangkat di bagian strip. Lakukan cara ini 2 kali seminggu.

  1. Terapkan masker putih telur

Telur menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan komedo. Cara kerjanya hampir mirip dengan masker yang sering digunakan pada umumnya. Jangan khawatir, masker alami ini tidak akan berdampak buruk bagi kulit wajah kamu. Untuk menerapkan masker putih telur ini dimulai dengan mengambil putih telur lalu campurkan dengan sedikit madu. Oleskan pada sebagian kulit wajah, termasuk pada bagian hidung. Diamkan selama kurang lebih 5 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya lakukan cara ini setiap hari.

  1. Basuh dengan sari buah lemon

Ada beberapa pilihan bahan alami lainnya yang digunakan untuk menghilangkan komedo di hidung. Mungkin kamu bisa mencoba untuk membersihkan komedo dengan menggunakan sari buah lemon. Lemon mengandung vitamin c yang menjadi nutrisi penting bagi kulit. Selain itu, vitamin c ini juga berfungsi mengangkat sel kulit mati dan membersihkan berbagai kotoran yang menempel di bagian kulit. Cara penerapannya juga cukup sederhana. Ambil satu buah lemon, lalu peras dan ambil sarinya. Oleskan pada bagian kulit di sekitar bagian hidung. Pijat dengan lembut dan merata. Diamkan selama 3 menit, lalu bilas dengan air hangat. Biasanya cara ini dilakukan setiap hari selama kurang lebih 4 minggu.

  1. Menggunakan produk pembersih wajah ideal

Cara untuk menghilangkan komedo di hidung seperti ini sering dilakukan karena sangat mudah. Apalagi kamu bisa memilih beberapa produk pembersih wajah yang sesuai dengan karakter. Perhitungkan juga kandungan pada masing-masing dari pilihan produk itu. Hal ini diterapkan untuk menyesuaikan kondisi dan karakter dari kulit wajah dan bagian di sekitar hidung. Sebaiknya kamu mempertimbangkan pilihan produk yang memiliki kandungan bahan alami. Biasanya pilihan produk seperti ini tidak memiliki efek samping yang cukup berlebihan pada bagian lainnya.

Daftar Makanan Untuk Menghilangkan Jerawat

Makanan Untuk Menghilangkan Jerawat

Makanan Untuk Menghilangkan Jerawat

Ada banyak pilihan makanan sehat yang bisa menjaga kulit kamu untuk tetap segar dan bebas dari jerawat. Tentu saja makanan seperti ini memiliki kandungan vitamin dan protein yang sangat baik. Selain itu, olahan dari makanan ini juga sangat sehat karena tidak mengandung lemak jenuh yang berlebihan. Misalnya saja beberapa makanan untuk menghilangkan jerawat bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah. Bahkan, sebagian dari makanan itu juga tidak memiliki harga yang sangat mahal. Berikut ini beberapa pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menghindari jerawat berlebihan di wajah seperti:

 

  1. Berbagai jenis sayuran hijau

Sayuran berada di urutan pertama dari daftar makanan untuk menghilangkan jerawat. Berbagai nutrisi penting seperti vitamin A bisa kamu dapatkan dari sayuran hijau. Bahkan, sayuran hijau ini juga memiliki beta karoten yang berfungsi untuk antioksidan yang bisa mengatasi jerawat. Apalagi sayuran ini juga bisa meremajakan kulit kamu. Beberapa jenis sayuran yang baik untuk kesehatan kulit kamu seperti bayam, brokoli dan lainnya. Kamu bisa mengkonsumsi langsung sebagai menu utama atau menjadikan sebagai campuran untuk smoothies. Sebaiknya kamu konsumsi sayuran hijau setiap hari. Penyajian dari sayur seperti ini mungkin dengan cara direbus. Hal ini dilakukan agar seluruh nutrisi dan vitamin dalam kandungan sayur bisa masuk ke dalam tubuh dengan sangat maksimal.

  1. Ubi atau ketela

Ubi atau ketela merupakan tanaman menjalar yang juga bisa dikonsumsi. Serat alami yang terdapat pada makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Apalagi beberapa vitamin juga berasal dari ubi seperti Vitamin A dan B. Jenis vitamin ini sangat dibutuhkan bagi kulit untuk meremajakan dalam waktu yang lebih singkat. Konsumsi ideal dari makanan ini biasanya dengan merebus. Kamu bisa mengkonsumsi makanan ini 2 kali dalam seminggu agar kebutuhan serat bagi tubuh dan kulit terpenuhi. Porsi yang dibutuhkan pada saat mengkonsumsi jenis makanan ini juga bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh. Mungkin kamu bisa mendapatkan perhitungan porsi ideal sesuai saran dari ahli nutrisi.

  1. Sayuran wortel

Jenis sayuran ini juga bisa menjadi bagian dair makanan untuk menghilangkan jerawat. Wortel memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan magnesium yang dibutuhkan pada peremajaan kulit. Selain itu, sayuran ini juga mengandung anti-oksidan ideal yang bisa mencegah peradangan kulit akibat radikal bebas dan berbagai bakteri. Wortel bisa kamu konsumsi sebagai sayuran pelengkap di menu utama atau dikonsumsi secara langsung. Olahan sayuran ini sebaiknya dengan metode rebusan untuk menjaga kualitas vitamin dan nutrisi lainnya.

  1. Buah pepaya

Ini adalah salah satu dari pilihan buah yang bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah. Bahkan, vitamin C yang terkandung di dalam buah pepaya dianggap akan memberikan dampak sangat baik bagi kesehatan kulit, terutama pada bagian wajah. Pepaya juga memiliki beta karoten yang akan mendukung peremajaan kulit secara alami. Serat alami di pepaya akan membuat kulit semakin cerah. Kamu bisa mengkonsumsi buah ini setiap hari setelah menu utama.

 

Seluruh pilihan dari daftar makanan untuk menghilangkan jerawat ini sangat mudah untuk didapat. Apalagi biaya yang kamu keluarkan juga tidak terlalu besar. Daftar makanan ini bisa kamu konsumsi setiap hari tanpa khawatir efek samping yang sangat berlebihan

Inilah Berbagai Makanan yang Mengandung Asam Folat

Apa sih asam folat itu? Dikutip dari wikipedia, asam folat adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Asam folat memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat untuk tubuh. Bahkan asam folat juga sangat baik untuk menyembuhkan penyakit. Jadi tidak hanya mencegah tubuh terkena penyakit, juga menyembuhkan beberapa penyakit yang sudah terlanjur terjangkit.

Asam folat dinilai sangat penting, khususnya untuk ibu hamil. Sebab, dengan mengkonsumsi asam folat yang cukup, maka perkembangan kesehatan janin anda akan lebih terjamin sehingga diharapkan janin bisa terhindar dari kecacatan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa asam folat adalah salah satu jenis vitamin, yaitu vitamin B yang larut dalam air. Seperti vitamin lainnya, asam folat juga sangat mudah rusak bila terkena panas.. Sehingga jika anda memasak Makanan Yang Mengandung Asam Folat, diharapkan untuk tidak memasak terlalu panas, agar kandungan asam folatnya tetap terjaga.

Makanan Mengandung Asam Folat

Inilah Berbagai Makanan yang Mengandung Asam Folat

Makanan Apa Saja Yang Banyak Asam Folat?

  1. Kacang Kacangan

Kacang kacangan banyak mengandung kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Kacang kacangan dikenal banyak mengandung asam folat. Selain asam folat, kacang kacangan juga banyak mengandung bahan bahan penting lainnya seperti vitamin D dan Kalsium yang manfaatnya sangat banyak, apalagi untuk ibu hamil. Disarankan kepada anda untuk mengkonsumsi setidaknya satu cangkir kacang. Dengan mengkonsumsi satu cangkir kacang, anda akan mendapatkan asupan asam folat sebanyak 180 mikrogram. Semua jenis kacang mengandung asam folat yang cukup, baik kacang merah, kacang hijau maupun kacang tanah.

  1. Buah Buahan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa buah buahan adalah salah satu sumber vitamin. Seperti yang sudah saya jelaskan juga bahwa asam folat adalah salah satu vitamin, tepatnya vitamin B yang larut dalam air. Oleh karenanya, buah buahan bisa menjadi sumber yang tepat untuk mendapatkan asam folat. Beberapa buah buahan yang banyak mengandung asam folat yaitu melon, pisang, mangga, dan alpukat.

  1. Sayur sayuran

Selain buah buahan, jenis makanan yang bisa menjadi sumber vitamin lainnya adalah sayur sayuran. Oleh karenanya, sayur sayuran juga bisa menjadi sumber asam folat yang bagus. Jenis sayuran yang banyak mengandung asam folat adalah sayuran yang berwarna hijau, khususnya sayuran dengan warna yang hijau gelap. Beberapa jenis sayuran yang direkomendasikan untuk anda konsumsi adalah brokoli, salada, kubis, sawi dan bayam. Jenis sayur ini sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk ibu hamill.

  1. Biji Bunga Matahari

Siapa sangka ternyata biji bunga matahari mengandung asam folat yang cukup banyak dan bermanfaat untuk tubuh. Sebagian dari anda ketika mendengar biji bunga matahari mungkin langsung mengatakan bahwa biji bunga matahari yang dimaksud adalah kuwaci. Namun bukan kuwaci yang saya maksudkan. Biji bunga matahari dikenal mengandung asam folat, dalam satu ons biji bunga matahari saja, anda bisa mendapatkan kurang lebih 82 micro gram asam folat. Tentu ini sangat baik untuk perkembangan tubuh, terutama ibu hamil.

Nah, demikianlah tadi pembahasan kita kali ini tentang Makanan Yang Mengandung Asam Folat. Mengingat asam folat menjadi salah satu gizi yang sangat diperlukan dan sangat baik bagi ibu hamil, maka pengetahuan tentang makanan apa saja yang mengandung asam folat ini sangatlah penting. Semoga dapat bermanfaat!

Agar Bisa Hamil Anak Laki-Laki

Agar Bisa Hamil Anak Laki-Laki  adalah sebuah idaman. Banyak orang yang baru menikah dan ingin memiliki anak pertamanya dengan jenis kelamin laki-laki. Atau karena kita sudah dilahirkan anak perempuan semua sehingga memiliki anak laki-laki adalah suatu keharusan bagi orang tua. Jika anda adalah pasangan yang ingin menginginkan bayi laki-laki secara alami, ada beberapa tips dari hasil sebuah penelitian yang bisa anda lakukan. Namun semua itu kembali ke sang pencipta, karena tentunya sebagai manusia kita hanya mencoba dan hasilnya adalah menentukan adalah pencipta.

Agar Bisa Hamil Anak Laki-Laki

Agar Bisa Hamil Anak Laki-Laki

Tips berikut Agar Bisa Hamil Anak Laki – Laki:

  • Terkait Ovulasi

Jika anda adalah pasangan yang ingin anak laki-laki, Anda harus melakukan hubungan seks pada saat atau sehari sebelum ovulasi. Ovulasi adalah saat pelepasan telur dari ovarium di rahim perempuan. Biasanya waktu ovulasi adalah tiga hari sebelum bulan mendatang dan hari ke-17 setelah bulan-bulan mendatang.

  • Mengkonsumsi Makanan

Serangan ibu jika anda ingin memiliki anak laki-laki harus mengkonsumsi makanan tinggi natrium dan kalium serta mengurangi kalsium dan magnesium. Makanan tinggi natrium akan menciptakan lingkungan yang basah. Bernatrium dan kalium tinggi makanan termasuk kedelai, pisang dan tomat. Makanan kaya kalsium dan magnesium yang harus dihindari antara lain brokoli, kerang dan bayam.

  • Basahi Ms V Juga Bisa Dapatkan Pria Keturunan

Membasahi Ms V dengan satu liter air pertama dicampur dengan 2 sendok makan baking soda. Selain itu mengkonsumsi seafood dan daging juga sangat membantu dalam proses pembuatan anak laki - laki. Dan yang paling penting dari serangkaian upaya di atas adalah suami menghabiskan selnya sedekat mungkin dengan leher rahim. Hal ini diharapkan untuk mempercepat perjalanan dan membuahi sel telur.

  • Hubungan di Malam Hari

Jika anda adalah pasangan yang ingin hamil dan melahirkan anak laki-laki, anda harus berhubungan di malam hari. Cobalah untuk menjaga suami dan puncak pertama yang air mani bisa keluar lebih banyak. Kedua metode, ketika berhadapan dengan pasangan, seorang wanita harus “keluar”. Beberapa studi telah menunjukkan “keluar” dapat membuat efek biologis di Ms V menjadi tempat yang ideal untuk kromosom.

  • Tahu Siklus Datang Bulan Jika Ingin Punya Anak Laki-laki

Sehingga Anda dapat menentukan kapan Anda memiliki masa subur, maka Anda harus memahami siklus menstruasi. Jadi, Anda harus menyentuh masa subur untuk hamil kesempatan lebih besar asalnya. Hal ini penting agar anda bisa hamil dan mendapatkan anak laki-laki.

Selain itu, hanya Tuhan yang bisa memutuskan. Jadi kiat pertama pada cara alami untuk hamil dan Agar Bisa Hamil Anak Laki – Laki  adalah berdoa dan memohon kepada Nya.

Cara Alami dan Aman Meredakan Sakit Kepala

Cara paling umum digunakan untuk meredakan sakit kepala adalah dengan meminum obat. Namun tidak semua orang mau minum obat karena berbagai hal. Maka dari itu banyak pula yang akhirnya menggunakan cara alami untuk meredakan sakit kepalanya. Sakit kepala terjadi karena berbagai faktor. Seperti penyempitan pembuluh darah, suplai oksigen yang berkurang, stress, gangguan hormon, dsb. Mengatasi sakit kepala secara alami dan aman terbilang mudah.

Anda bisa menggunakan bahan-bahan herbal yang memiliki kandungan anti nyeri, anti peradangan, dan berbagai senyawa lainnya yang mampu meredakan rasa sakit. Karena menggunakan bahan-bahan alami tentunya cara satu ini aman digunakan. Baik itu pada wanita hamil atau lainnya. cara menggunakannya pun cukup mudah dan efeknya bisa dirasakan lebih cepat. berikut ulasan selengkapnya untuk berbagai cara alami dan aman dalam meredakan sakit kepala.

Berbagai Cara Alami dan Aman Meredakan Sakit Kepala

  1. Teh hangat

Teh hangat memiliki kadar kafein yang tidak terlalu tinggi. Kadar kafein pada teh inilah yang bermanfaat mengurangi pembengkakan pembuluh darah. Penyebab sakit kepala salah satunya dikarenakan pembengkakan sehingga teh hangat ampuh untuk meredakannya. Konsumsi seduhan daun teh dengan campuran madu agar tidak terlalu pahit. Anda pun bisa mencampurnya dengan jahe agar hasilnya makin optimal.

  1. Ramuan daun alpukat

Daun alpukat memiliki senyawa anti nyeri yang efektif meredakan sakit kepala. Bersihkan 3-5 daun alpukat kemudian seduh dengan 1 gelas air panas. Setelah agak dingin anda bisa meminum airnya 1 kali sehari sebanyak 1 gelas. Lakukan pengobatan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal. Pilih daun alpukat yang masih segar agas hasilnya lebih efektif.

  1. Ramuan bunga matahari

Bunga matahari memiliki sejumlah senyawa anti inflamasi dan anti nyeri yang bermanfaat mengurangi rasa sakit kepala. Anda bisa menggunakan jahe untuk memaksimalkan khasiat bunga matahari tersebut. Rebus 30 gram bunga matahari, 10 gram rimpang jahe dan 1 butir telur utuh dengan 4 gelas air. setelah mendidih minum air rebusan bahan-bahan tersebut. untuk telurnya anda bisa mengonsumsinya secara langsung bersama dengan nasi putih.

  1. Kompres beberapa bagian kepala

Sakit kepala disebabkan adanya penyempitan pembuluh darah. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan kompres di beberapa bagian kepala seperti leher, dahi, dan area mata. Kompres dengan air dignin area tersebut. air dingin akan membuat pembuluh darah menjadi rileks dan ampuh meredakan rasa nyeri secara efektif. Selain itu kompres kepala ini juga cocok untuk mengobati sakit kepala yang dialami ibu menyusui.

  1. Konsumsi air putih

Sakit kepala bisa disebabkan karena kekurangan cairan tubuh. oleh sebab itu air putih sangat ampuh untuk mengembalikan ion tubuh anda sehingga rasa sakit kepala bisa diatasi secara optimal. Konsumsi air putih secara teratur dan perbanyak konsumsinya jik anda sedang mengalami sakit kepala. Konsumsi air putih juga membantu merilekskan pembuluh darah yang menyempit.

Itu dia berbagai cara alami dan aman meredakan sakit kepala. Anda bisa mencobanya jika enggan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Selamat mencoba.

10 Tips Cara melembabkan kulit wajah secara alami

Kulit sehat ialah kulit yang terjaga akan kelembabannya, tidak terlalu kering dan tak terlalu berminyak. Kulit berminyak akan menyebabkan jerawat karena debu akan mudah menempel ke kulit wajah dan menyumbat pori-pori, pada akhirnya akan menimbulkan peradangan. Sedangkan kulit kering mempunyai  tekstur tidak elastis  dan kaku yang membuatnya terlihat tak sehat.

Cara melembabkan kulit

nutrisi pelembabkan kulit

Untuk mendapatkan kulit yang sehat anda harus menjaga kelembabannya dengan melakukan perawatan dan menjaga pola hidup sehat . Untuk melihat  informasi seputar cara melembabkan kulit wajah dapat anda simak ulasannya berikut ini:

1. Menggunakan masker alpukat

Menggunakan masker dengan buah alpukat menjadi salah satu cara efektif untuk melembabkan kulit secara alami. Caranya: siapkan buah alpokat, kemudian Haluskan buah alpukat yang sudah masak dengan blender hingga teksturnya menyerupai pasta. Terapkan masker buah alpokat  yang anda buat tadi ke wajah Anda, lalu biarkan selama 15 sampai 20 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air. masker alpukat di atas akan membuat kulit anda terbebas dari kekeringan  dan lebih lembab alami .

2. Melembabkan kulit dengan mentimun

Buah mentimun  biasanya dipakai sebagai   lalapan ternyata juga cukup ampuh untuk melembabkan kulit wajah, hal ini dikarenakan mentimun mengandung tinggi air. Bukan hanya kulit lembab alami yang dapat anda dapatkan melainkan jerawat pun akan bisa dicegah dengan menerapkan mentimun secara rutin. Anda bisa menempelkan mentimun langsung ke  kulit wajah dengan memotong – motong  yang  tipis terlebih dahulu. Atau anda juga dapat menghaluskannya untuk digunakan sebagai masker wajah.

  1. Melembabkan kulit wajah dengan masker bengkoangBengkoang adalah buah yang dipercaya bisa mencerahkan dan melembabkan kulit secara alami. Hal ini yang membuat banyak produk kecantikan menggunakan bengkoang sebagai bahan utamanya . Selain membantu melembutkan dan mencerahkan wajah bengkoang juga bisa bermanfaat  menjaga kelembaban kulit saat digunakan sebagai masker wajah. Bukan hanya itu saja , bengkoang juga bermanfaat  mendinginkan kulit  dan membuatnya terasa lebih segar.
  2.  Melembabkan kulit Menggunakan lidah buaya

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit wajah anda ialah  dapat membantu menjaga kelembapanya agar  alami. Selain murah lidah buaya juga sangat aman karena tak memiliki  efek samping seperti halnya pelembab dari bahan kimia. Selain dapat menjaga kelembaban kulit, lidah buaya juga sanggup  menjaga kulit wajah dari sengatan sinar matahari yang bisa  menyebabkan flek hitam di wajah. Cara penggunaan lidah buaya untuk wajah yaitu :  Ambil lidah buaya berukuran besar kemudian potong  dengan pisau lalu  ambil gelnya. Setelah itu  haluskan dengan blender agar teksturnya lebih mudah untuk diapikasikan ke dalam kulit wajah. Aplikasikan ke kulit wajah anda hingga merata dan tunggu kira-kira 15 menit. Setelah itu bilas seperti biasa.

5. Melembabkan kulit dengan minyak zaitun

Beberapa  manfaat minyak zaitun untuk wajah  yaitu membantu mencegah penuaan dini  menghilangkan jerawat,  sampai melembabkan kulit. Minyak zaitun juga tergolong bahan alami sehingga lebih aman pada saat diaplikasikan ke kulit wajah. Untuk memperoleh hasil yang maksimal gunakan minyak zaitun untuk melembabkan kulit wajah setidaknya dua hari sekali atau sedikitnya dua kali seminggu. Minyak zaitun mengandung berbagai macam vitamin termasuk Vitamin E. Vitamin E sangat bermanfaat  menjaga kulit tetap sehat meski harus terkena kotoran  dan debu.

6. Melembabkan kulit dengan tomat

Sayur yang satu ini memang  sudah  dipuji karena mempunyai  banyak manfaat untuk kecantikan juga kesehatan wajah. Salah satu manfaat  dari tomat adalah melembabkan kulit. Bukan hanya melembabkan, tomat juga mempunyai  kandungan antioksidan tinggi seperti likopen  dan vitamin C. Keduanya berfungsi menjaga dan merawat kulit dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas berperan besar dalam proses penuaan. Jadi salah satu  keguanaan tomat untuk wajah anda ialah mencegah timbulnya kerutan dan garis halus di wajah yang menjadi tanda penuaan

7. Melembabkan kulit dengan madu

Madu merupakan salah satu cairan manis yang mempunyai  segudang manfaat untuk kecantikan dan  kesehatan wajah . Sebelum ditemukannya obat kimia seperti saat ini, orang-orang banyak yang sudah menggunakan madu sebagai obat alami mereka. Selain dipakai obat, orang zaman dahulu juga sering menggunakan madu sebagai bahan tambahan perawatan kecantikan mereka. Hal ini disebabkan karena madu mempunyai  kandungan mineral dan  vitamin yang lengkap, dimana itu sangat dibutuhkan oleh kulit. Saat diaplikasikan ke kulit wajah, madu juga bisa membantu melembabkan sekaligus bisa meremajakan kulit wajah. Pastikan anda memilih madu murni untuk memastikan khasiatnya.

8. Banyak minum air putih

salah satu cara melembabkan kulit selain  dengan menggunakan masker di atas anda juga harus banyak mengkonsumsi air putih. Air putih juga  sangat berguna untuk kesehatan kulit dan kesehatan anda secara keseluruhan. Dengan banyak mengkonsumsi air putih maka kulit akan terhindar dari berbagai macam penyakit  dari dalam sehingga akan mencegah masalah kulit kering. Usahakan anda minum setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk mendapatkan kulit sehat yang  alami.

9. Banyak mengkonsumsi sayur dan  buah

Selain banyak minum air putih hal yang tak boleh anda lupakan ialah banyak mengkonsumsi sayur  dan buah. Keduanya memang bisa menjadi salah satu makanan sehat yang bisa membantu menambah  menutrisi tubuh termasuk kulit anda. Buah ini mengandung banyak , anti-oksidan, vitamin dan mineral penting yang sangat bermafaat  untuk mencegah berbagai macam penyakit dan terutama masalah kulit.

10. Gunakan sabun yang sesuai

Ada beberapa  banyak sabun wajah yang dirancang khusus untuk  bisa mengatasi kulit berminyak, akan tetapi dari  sisi lain juga mengambil kelembaban alami kulit anda. Untuk itu sebaiknya pilih sabun wajah yang tak membuat kulit kering dan kusam , usahakan  sesuaikan juga dengan kondisi kulit wajah anda. Sebagai tambahan, sebaiknya hindari pengguaan bahan kimia ke kulit wajah yang berlebihan .

Dari kesemua tips di atas  tak harusnya  anda terapkan semua, jadi anda hanya perlu memilih satu saja dan lakukan dengan konsisten untuk mendapatkan hasil maksimal.

Demikian tadi daftar cara melembabkan kulit wajah dengan bahan alami semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.

10 Buah Buahan Untuk Perawatan Kulit Wajah Cerah Bersih dan Putih

Perawatan Kulit wajah  Agar lebih Cerah

Perawatan Kulit wajah Agar lebih putih

1. Mentimun
Anda dapat memanfaatkan mentimun untuk mengangkat noda-noda hitam di  bagian wajah , sehingga wajah menjadi tampak sangat bersih. Untuk melaksanakannya, pertama-tama siapkan 1/2 mentimun, lalu kupas hingga bersih.

Selanjutnya , campurkan dengan 1 sendok yoghurt dan  1 sendok susu tanpa lemak di dalam sebuah blender. Kemudian blender campuran tersebut.

Setelah selesai, oleskan pada bagian wajah. Kemudian tunggu selama 20 menit, lalu baru bilas menggunakan air hangat.

2. Jeruk Nipis
Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C. Anda dapat memanfaatkan jeruk nipis untuk membuat kulit menjadi  lebih halus, dan juga lebih bercahaya. Untuk melakukannya, pertama-tama belah jeruk menjadi 2 bagian.

Lalu peras airnya dan aplikasikan ke wajah. Setelah selesai mengoleskan tunggu selama 20 menit, lalu bersihkan  menggunakan air hangat.

3. Apel
Manfaatkan buah apel untuk mempunyai kulit lebih bercahaya dan mengurangi kelebihan minyak di wajah. Caranya: pertama-tama hancurkan buah apel (agar lebih mudah pakai blender). Ingat, memblender tanpa menambahkan air. Setelah halus, maka tinggal diaplikasikan pada wajah.

4. Tomat
Tomat dapat Anda gunakan untuk membantu membuat kulit tampak berbahaya, jerawat, menghilangkan komedo, dan flek hitam. Hal itu karena tomat kaya akan kandungan antioksidan.
Cara memanfaatkan tomat, pertama-tama haluskan buah tomat, lalu campurkan 1 sendok madu. Setelah itu tinggal mengoleskan pada wajah, diamkan 15 menit. Lalu basuh wajah menggunakan air hangat.

5. Pisang
Buah pisang dapat Anda manfaatkan untuk melembabkan dan membuat kulit lebih kenyal. Caranya: Siapkan buah pisang ambon, lalu kupas kulitnya dan haluskan, letakan pada sebuah wadah / mangkok. Lalu campurkan dengan 1 sendok madu. Setelah itu tinggal oleskan secara merata pada wajah.

6. Pepaya
Pepaya dapat Anda gunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Pepaya hijau mengandung enzim papain juga bermanfaat untuk memutihkan kulit. Caranya: siapkan satu sdm pepaya hijau yang telah dihaluskan, dan satu sdm pepaya masak yang juga telah dihaluskan, kemudian campurkan keduanya.

kemudian campur kemudian diaplikasikan wajah. Setelah mengoleskan maka tunggu 15 menit, baru setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

Ada banyak bahan-bahan alami lainnya yang dapat anda gunakan untuk kesehatan dan keindahan wajah, yaitu kentang, bengkoang, paprika, minyak alpukat, yogurt, susu, chamomile, dan almond

 

Beberapa Hal Lainnya Penting Diketahui Untuk Perawatan Wajah:

1. Setelah berpergian dari luar, maka segera bilas menggunakan air bersih agar wajah lebih cerah dan terhindar dari kotoran. Minimal membersihkan dengan air mengalir, lebih bagus lagi membersihkan dengan sabun khusus wajah.

2. Hindari penggunaan make up yang tebal untuk mengurangi “beban” pada kulit wajah. Menggunakan make up yang terlalu tebal akan mengakibatkan pori-pori kulit akan sulit bernafas, yang memicu wajah berminyak dan jerawat.

3. Pastikan tangan anda bersih ketika Ingin menyentuh kulit wajah. kemudian Tangan harus dibersihkan dari debu  dan kotoran, hal ini penting untuk mencegah tersebarnya bakteri dan  kuman  di wajah.

4. Anda dapat mengonsumsi suplemen Vitamin E setiap hari, yang bergunan  untuk menjaga kesehatan kulit wajah dari dalam tubuh .

5. Hindari konsumsi mie yang berlebihan karena dapat beresiko  wajah dan kulit akan tampak lebih tua. Kandungan pengawet dari mie, serta kandungan di dalam bumbunya kurang baik bagi kesehatan. Mie hanya makan seliangan (iseng-iseng) yang tak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak dan secara rutin .

6. Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok,  mengonsumsi alkohol dan konsumsi obat-obatan terlarang ( narkoba ).

7. Bersihkan wajah setiap ingin tidur, untuk membersihkan kotoran di wajah penyebab munculnya , jerawat , flek hitam dan iritasi.

8. Dalam Hidup ini penting untuk selalu berpikir positif, jadilah orang yang taat dalam beragama dan pelajari ilmu agama dengan benar. Jalani ibadah sesuai aturan dan bergaul dengan cara yang baik.

Menerapkan hal ini dalam hidup Anda sangat penting untuk menghindari strees dan depresi. Dimana stres dan depresi menjadi salah satu penyebab seseorang rentan mengalami kulit wajah yang kusam dan berkeriput.

 

 

7 Tips untuk Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

 Memutihkan Kulit Wajah

Memutihkan Kulit Wajah

Ada berbagai macam banyak cara untuk memutihkan kulit wajah anda.  ada 2 jenis cara memutihkan  kulit wajah yang bisa anda lakukan,pertama  memutihkan kulit wajah secara alami dan  memutihkan kulit wajah dengan menggunakan berbagai macam bahan kimia.

Anda juga dapat memilih salah satu cara tersebut untuk memutihkan kulit wajah anda atau dengan menggunakan kombinasi kedua cara tersebut untuk memutihkan kulit wajah anda.

Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa menggunakan bahan kimia untuk memutihkan kulit wajah mempunyai resiko efek samping yang lebih tinggi, disini anda perlu pintar-pintar mencari produk yang cocok dengan kulit wajah anda, jangan sampai rencana untuk memutihkan wajah malah terbalik yaitu kulit wajah malah hitam.

Ada cara memutihkan kulit wajah yang aman dan tidak mempunyai  efek samping yaitu menggunakan bahan alami, kita tahu bahan alami lah yang dibutuhkan kulit khususnya kulit wajah anda.

Agar saat  proses  pemutihkan kulit wajah terlihat lebih segar dan awet muda alangkah baiknya anda tak hanya fokus untuk memutihkan kulit wajah melainkan juga harus menjaga kebersihan dan kesehatan  dengan rajin mandi.

Memutihkan kulit wajah yang anda lakukan tak akan maksimal jika kulit wajah anda jarang di bersihkan, bagaimana mau putih kalau wajah sering kotor dan kusam karena minyak yang ada di wajah anda.

Sebelum anda melakukan pemutihkan kulit wajah dengan menggunakan bahan kimia anda perlu tahu bahwa produk yang dipakai untuk memutihkan wajah yang anda gunakan perlu biaya lebih mahal dibandingan dengan cara alami untuk mendapatkannya.

Proses memutihkan wajah terkadang tak seperti yang anda harapkan, jika tak cocok dan wajah anda iritasi, ini malah mengundang masalah baru yang awalnya untuk memutihkan wajah secara instan malah wajah iritasi.

Apabila  anda ingin membeli dan menggunakan produk yang di pasaran untuk memutihkan kulit wajah alangkah baiknya jika anda mencari produk tersebut yang cocok dengan kulit anda dan jangan menggunakan produk tersebut secara berlebihan untuk memutihkan wajah anda.

Alternatif yang dapat anda lakukan dan aman untuk memutihkan kulit kaskiwajah adalah menggunakan cara-cara dibawah dengan menggunakan bahan alami.

Anda dapat memilih salah satu yang menurut anda mudah dan nyaman dilakukan dan menjadikan rutinitas perawatan kulit wajah anda agar terlihat putih dan segar. Berikut ini cara memutihkan wajah secara alami.

  1. Menggunakan Madu

Madu selain bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat dan bekasnya, juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh dan dapat memutihkan kulit wajah secara alami.

Hal ini dikarenakan madu mempunyai sifat antibakteri yang bagus untuk kulit wajah, sedangkan antioksida yang terkandung pada madu membuat flek hitam pada kulit wajah memudar  dan membantu memperlambat penuaan .

Cara menggunakanya , anda hanya cukup mengoleskan madu pada wajah secara merata , kemudian anda yang sudah dibersihkan agar tidak ada kotoran atau bakteri yang menempel.

Setelah madu selesai dioleskan secara merata pada kulit wajah,  lalu anda diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu anda basuh dengan air bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal silahkan anda lakukan secara rutin tiap hari menjelang tidur malam.

  1. Menggunakan Buah bengkoang

Bengkoang memang sudah lama dikenal sebagai salah satu  bahan untuk  kecantikan secara alami. Sampai sekarang pun bengkoang dipercaya bisa  merawat dan menjaga kulit wajah menjadi lebih baik.

Kandungan vitamin B dan C pada bengkoang berkhasiat untuk dapat memutihkan kulit wajah dan mengurangi flek hitam secara alami.

Cara memakainya, pertama anda siapkan bengkoang secukupnya lalu anda bersihkan dengan air bersih. Kemudian , Kupas kulitnya dan haluskan,  kemudian tempelkan pada kulit wajah  untuk dijadikan masker wajah. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan kurang lebih 30 menit, lalu anda bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini menjelang tidur setiap hari untuk mendapatkan hasil yang anda harapkan.

  1. Menggunakan alpukat

Alpokat merupakan Buah-buahan yang juga bisa  anda jadikan untuk merawat kulit agar lebih putih dan cerah adalah buah alpukat.

Selain sering dijadikan jus, buah alpukat ternyata dapat dijadikan masker untuk memutihkan wajah. Berikut ini cara menggunakan buah alpukat sebagai masker wajah.

Kemudian , Siapkan buah alpukat yang sudah anda bersihkan dan lalu  kupas kulitnya, setelah itu haluskan buah alpukat dengan cara di blender . kemudian  oleskan secara merata pada kulit wajah anda. Kemudian, Diamkan kurang lebih 10 menit lalu anda bersihkan dengan air bersih.

  1. Menggunakan Susu Putih

Susu putih tak  hanya berkhasiat untuk tubuh pada saat rajin mengkonsumsinya akan tetapi susu putih dapat dijadikan masker untuk menghaluskan dan memutihkan kulit pada wajah.

Cara memakianya mudah saja, cukup ambil beberapa tetes susu putih lalu oleskan pada wajah dan tunggu kurang lebih sekitar 20 menit agar susu meresap pada wajah, lalu bersihkan dengan air bersih.

Lakukan cara diatas pada saat  menjelang tidur malam karena dalam keadaan beristirahat ialah  moment terbaik untuk menjaga dan merawat kulit pada wajah .

  1. Menggunakan jeruk nipis dan putih telur

Jeruk nipis dan putih telur merupakan salah satu jenis jeruk yang bisa anda gunakan untuk memutihkan kulit wajah agar terlihat segar  dan sehat ialah jeruk nipis.

Kandungan antioksida yang terkandung dalam jeruk nipis sangat baik untuk kulit wajah, selain itu fungsi jeruk nipis juga bisa mengecilkan pori-pori wajah.

Untuk memakainya, pertama sediakan jeruk nipis yang masih segar dan cuci hingga bersih. Lalu Potong dan peras jeruk nipis. Kemudian ,  campurkan dengan putih telur yang sudah anda sediakan. Oleskan pada wajah hingga merata  ,lalu  diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bersihkan dengan menggunakan air bersih.

  1. Menggunakan tomat

Tomat sudah populer digunakan untuk merawat kulit wajah baik untuk menghilangkan jerawat ataupun memutihkan wajah secara alami.

Cara menggunakannya, sediakan beberapa buah tomat lalu anda potong-potong secukupnya. kemudian,  oleskan pada permukaan wajah Lalu diamkan kurang lebih 10 menit kemudian  bersihkan dengan menggunakan air yang bersih.

  1. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya merupakan suatu macam tanaman  untuk kesehatan rambut namun juga bisa dijadikan bahan makanan akan tetapi juga dapat bermanfaat untuk memudarkan  ataupun memutihkan bekas jerawat pada kulit wajah.

Caranya yaitu dengan mengoleskan beberapa lidah buaya membuat wajah terlihat lebih putih dan terlihat lebih segar. Cara menggunakannya, sediakan lidah buaya secukupnya lalu bersihkan dengan air bersih. kemudian Potong beberapa lidah buaya menjadi beberapa macam bagian lalu oleskan lendirnya pada permukaan wajah hingga merata, kemudian diamkan kurang lebih selama 10 menit dan lalu bilas dengan menggunakan  air bersih. Kemudian Lakukan secara rutin menjelang tidur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

 

7 Tips Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam Secara Alami

Ilustrasi: Mengatasi Kulit Wajah Kering

Mengatasi Kulit Wajah Kering

Jenis kulit wajah kering dan kusam ialah jenis kulit yang terjadi karena kelenjar minyak yang tak bisa  tau sedikit memproduksi minyak untuk membantu menjaga kelembaban kulit. Kulit kering  dan kusam ini juga bisa disebabkan karena beberapa faktor diantaranya usia, genetik, maupun iklim.

Iklim dapat mempengaruhi kurangnya produksi minyak dan menyebabkan kulit anda menjadi kering an kusam. Untuk memperolehnya ada baiknya kita mengetahui seperti apa ciri-ciri jenis kulit kering. Berikut ulasannya:

Pori-pori kita sangat kecil, hampir tak terlihat

Kulit wajah kusam dan kering, dan sedikit bersisik

Banyak terdapat garis-garis kerutan yang sangat tipis atau halus

Kulit anda akan  mudah terkelupas apabila setelah menggunakan sabun pencuci muka

Gatal karena iritasi

Banyak terdapat bercak warna merah

Nah, sekarang anda telah tahu bagaimana ciri-ciri jenis kulit kering seperti apa. Sekarang kita ulas tentang cara mengaatasi kulit wajah kering dan kusam secara alami.

Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kering

  1. Gunakan Sabun Pelembab

Penyebab kulit kering dan kusam  merupakan  faktor sabun yang kurang cocok. Terutama jika sabun badan yang anda gunakan untuk wajah. Oleh karena itu, mulai sekarang pastikan menggunakan sabun yang mengandung pelembab untuk menjaga dan merawat kesegaran kulit anda.

  1. Hindari Terkena Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Hindari kulit anda  terpapar panas berlebih dalam waktu yang lama secara langsung. Paparan sinar matahari sangatlah buruk terutama bagi kulit wajah. Tak hanya menyebabkan kulit kering dan bersisik saja, tetapi juga menimbulkan kanker kulit. Oleh sebab itu,  mulai sekarang kalau anda berpergian pakailah jaket  dan topi .

  1. Olahraga Secara Rutin dan Teratur

Hampir 50% penderta kulit kering dan kusam  jarang berolahraga. Keluarnya keringat saat berolahraga ialah hal yang sangat baik untuk melembabkan dan kulit secara alami, tetapi banyak orang yang belum mengetahuinya. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat. Cukup dengan sit up, push up, joging setiap hari selama 1 jam juga sudah cukup.

  1. Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya berbahaya untuk paru-paru saja, tetapi asap rokok juga mencuri kelembaban kulit, sehingga membuatnya terlihat kusam  dan kering.

 

Mengatasi Kulit Wajah dengan Masker Bahan Alami

  1. Menggunakan Madu Alami

Madu sangatlah baik untuk melembabkan kulit kering dan kusam secara alami. Tak hanya  itu madu juga memiliki beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan kulit yang bisa untuk meningkatkan kekencangan kulit sehingga sangat baik untuk menghilangkan kerutan pada wajah.

Bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Kemudian Siapkan madu murni, lalu oleskan pada seluruh wajah anda. Diamkan sekitar selama 30 menit. Kemudian  bilas wajah anda menggunakan air hangat

 

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai  kandungan mineral alaminya yang cukup lengkap. Lidah buaya dapat membantu mengatasi kulit kering dan kusam dengan cepat dan efektif .

Bersihkan wajah anda dahulu.lalau Siapkan 1 batang lidah buaya, kemudian ambil gelnya saja lalu oleskan pada seluruh wajah anda secara merata. Setelah itu Diamkan sekitar selama 30 menit.Lalu bilas wajah anda menggunakan air hangat

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah digunakan sejak jaman mesir kuno oleh para putri kerajaan. Minyak zaitun juga mempunyai  kandungan vitamin E tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, termasuk mengatasi kulit wajah kering dan kusam  .

Bersihkan wajah anda dahulu, lalu  Tuangkan minyak zaitun secukupnya, kemudian  oleskan pada seluruh wajah secara merata. Diamkan sekitar selama 30 menit. Lalu  bilas wajah anda menggunakan air hangat

Nah itulah beberapa tips cara alami mengatasi kulit ajah kering dan kusam yang anda dapat praktikan dirumah. Cara ini aman tidak menimbulkan efek samping apapun.  Semata mencoba

 

 

9 Kebiasaan Ini Wajib Diterapkan untuk Kesehatan Jantung Anda

Tips menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian terbesar hampir di seluruh dunia. Menjaga kesehatan jantung bisa Anda lakukan untuk mengurangi angka tersebut dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Menurut data WHO, penyakit jantung telah merenggut 17,7 juta nyawa setiap tahunnya. Lebih dari setengahnya disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan stroke. Kematian akibat penyakit ini juga diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya. Anda tak mau menjadi salah satunya, kan? Jika tidak, Anda bisa menerapkan 9 kebiasaan sehat berikut ini.

  1. Rutin Olahraga

Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru Anda. Olahraga juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah dan menjaga berat badan agar tetap sehat. Berolahraga minimal 30 menit sehari dalam 5 hari seminggu bisa membuat hidup Anda lebih sehat.

Jika Anda tidak terbiasa berolahraga, coba cek ke dokter untuk melihat apakah Anda punya batasan aktivitas fisik apa yang boleh dilakukan dan tak boleh dilakukan. Jika Anda tak diperbolehkan olahraga berat karena berbagai masalah, Anda bisa beristirahat sambil melakukan pemanasan ringan untuk memompa jantung.

Caranya, jangan terlalu sering duduk, bangkitlah setiap beberapa saat dan gerakkan tangan dan kaki Anda. Kegiatan ini bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung. Berjalan kaki juga bisa jadi pilihan lain.

  1. Batasi Asupan Kolesterol

Kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan masalah pada jantung. Jika kadar kolesterol jahat dalam darah Anda sudah lebih dari 200 mg/dL, sebaiknya Anda berhati-hati. Anda bisa terkena serangan jantung dengan mudah. Batas maksimal asupan kolesterol untuk Anda yang berisiko terkena penyakit jantung adalah 70 mg/dL. Lebih dari itu berbahaya.

Untuk mengatasinya, hindari makanan yang dapat meningkatkan kolesterol darah, seperti daging berlemak, sosis, daging burger, mentega, krim, hingga makanan manis seperti kue, cokelat dan permen. Intinya, Anda harus membatasi jumlah garam, lemak dan gula yang masuk ke tubuh Anda.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Rajin minum air putih ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung karena menyediakan asupan cairan dalam tubuh. Air putih juga bisa menghindarkan Anda dari dehidrasi. Tapi, Anda juga perlu mengurangi sumber cairan lain selain air putih seperti es krim atau makanan berkuah.

Jumlah cairan selain air putih yang terlalu banyak malah bisa jadi bahaya bagi Anda. Jika Anda ingin membatasi jumlah cairan yang masuk ke tubuh Anda, cobalah timbang berat badan Anda setiap pagi. Jika peningkatannya terlalu cepat, itu artinya cairan dalam tubuh Anda menumpuk.

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Makanan tinggi serat mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Makanan berserat ternyata juga mampu membantu mengelola berat badan yang sehat. Alpukat, apel, pir dan pisang termasuk dalam kelompok buah-buahan yang kaya akan serat. Sementara brokoli, wortel serta bayam juga tinggi seratnya.

Tapi, menjaga kesehatan jantung bukan berarti Anda harus menjadi vegetarian. Anda masih boleh makan daging dan seafood, namun pilihlah daging yang memiliki lemak tidak terlalu tinggi sebagai sumber protein hewani Anda.

  1. Berhenti Merokok

Jika Anda adalah seorang perokok, sebaiknya berhentilah segera. Merorok bukan hanya merusak paru-paru Anda, tapi juga berdampak negatif bagi jantung Anda. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh darah. Sekali Anda berhenti merokok, peluang terkena penyakit serangan jantung akan menurun drastis.

Memutuskan untuk berhenti merokok memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh, tidak hanya pada jantung. Tapi, jika Anda adalah perokok pasif, sebaiknya hindari paparan asap rokok yang mengenai Anda. Perokok pasif sebenarnya malah punya resiko penyakit lebih tinggi dari perokok aktif.

  1. Jaga Berat Badan

Coba tanyakan pada dokter, apakah Anda mengalami kelebihan berat badan. Obesitas sejatinya mampu meningkatkan resiko serangan jantung, gagal jantung serta diabetes. Bahkan, jika dibandingkan, obesitas malah memiliki bahaya yang lebih besar daripada rokok.

Menu sehat dan porsi makan perlu Anda perhatikan untuk menjaga berat tubuh Anda. Selain itu, cukupkan kebutuhan cairan Anda. Atur juga pola makan untuk mencegah obesitas. Makananlah dalam porsi sedikit namun sering dan hindari karbohidrat berlebihan.

  1. Ukur Tekanan Darah Anda

Tekanan darah tinggi atau sering disebut hipertensi adalah faktor utama penyebab serangan jantung, stroke, dan gagal jantung. Banyak orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak memperhatikan  bahwa mereka memiliki kondisi tersebut dan tak sadar akan bahayanya. Runtin mengecek tekanan darah Anda bisa jadi salah satu langkah pencegahan yang baik.

Umumnya, tekanan darah bisa dikatakan normal bila menunjukkan angka 120/80 mmHg. Saat angka atas Anda berada di antara 120-139, dan angka bawah Anda berada di 80-89, itu artinya Anda memiliki prehipertensi.

Meski belum bisa dikatakan terkena hipertensi, tetap saja angka ini di atas normal. Semakin tinggi tekanan darah Anda, semakin pula resiko hipertensi menyerang Anda. Jika sudah begini, Anda harus bersiap terserang penyakit yang lebih banyak seperti penyakit jantung dan stroke.

  1. Kurangi Stres

Stres ternyata merupakan salah satu penyebab utama terganggunya jantung Anda. Stres kronis dapat berujung serangan jantung tiba-tiba. Untuk mencegah penyakit jantung akibat stres, Anda harus pintar-pintar mengelola emosi. Anda bisa bercerita pada orang terdekat Anda tentang tekanan yang Anda alami.

Tapi, jika Anda termasuk dalam golongan pemalu, cobalah cara lain seperti melakukan meditasi, yoga, atau teknik pernapasan dalam setidaknya 10 menit sehari. Sesekali, pergilah jalan-jalan atau bersenang-senang. Jangan terlalu terpaku pada pekerjaan Anda.

  1. Periksa ke Dokter secara rutin

Pemeriksaan kesehatan secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah permasalahan pada jantung Anda. Perubahan gaya hidup saja kadang tak punya pengaruh berarti demi menjaga sehatnya jantung.

Apalagi, jika Anda memang punya resiko pada penyakit satu ini. Anda harus sering-sering ke dokter dan minum obat yang telah dianjurkan untuk mengurangi resikonya. Jika dokter telah memberikan obat-obatan yang harus dikonsumsi, Anda harus patuh dan meminumnya sesuai anjuran dan petunjuk yang diberikan.

Apapun yang kita putuskan setiap hari, entah perihal makanan atau minuman serta aktivitas yang dilakukan ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Semua keputusan itu ada di tangan Anda. Jika Anda ingin terus sehat dan terhindar dari penyakit jantung, ada baiknya Anda mengubah pola hidup Anda dan lakukan 9 kebiasaan di atas.

Histats.com © 2005-2018 - GDPR: tracker policy -Integrate your policy - this website policy - Check/do opt-out