Mengenali Penyebab Flek Paru – Paru

Gangguan fungsi pernafasan memang memiliki beragam jenisnya, seperti misalnya flek paru – paru yang merupakan salah satu penyakit yang menyerang paru – paru, dimana penderitanya akan mengalami gangguan dalam bernafas dan juga akan mengalami kesulitan dalam bernafas. Flek paru ini, akan dikenali dengan beberapa gejala, seperti kesulitan dalam bernafas. Flek paru paru ini, erat kaitannya dengan penyakit Turberkulosis atau TB yang mana merupakan salah satu jenis penyakit yang menular.

Penyebab flek paru – paru ini sendiri, ternyata bermacam – macam, penyakit ini memang merupakan penyakit yang bisa bertahan lama, terutama jika anda berada di daerah yang memiliki hawa dingin, maka penyakit ini akan mudah sekali untuk berkembang. Namun untuk mencegahnya, maka anda perlu mengenali terlebh dahulu faktor yang menjadi penyebabnya. Dan berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa anda ketahui yang merupakan penyebab dari flek paru – paru pada tubuh anda.

Mengenali Penyebab Flek Paru – Paru

  1. Lemahnya sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang lemah, akan menjadi salah satu penyebab dari penyakit flek paru – paru ini sendiri. Lemahnya sistem imun dalam tubuh ini, juga memiliki peranan utama dalam memicu resiko penyakit lainnya seperti gangguan HIV/AIDS atau bahkan kanker yan ganas. Maka dari itu, sebaiknya anda mesti menguatkan sistem imun dalam tubuh anda, agar nantinya resiko flek paru – paru dalam tubuh bisa dapat dihindari.

  1. Berkunjung ke daerah yang terinfeksi virus TB

Penyakit flek paru – paru ini, disebabkan oleh virus TB yang merupakan salah satu penyakit yang menular. Maka dari itu, jika anda kerap mengunjungi daera dimana terdapat wabah virus TB atau memang terkenal akan daerah yang berpotensi terinfeksi virus yang satu ini, akan menyebabkan anda menjadi mudah tertular. Daerah daerah ini antara lain seperti, Afrika, China, India, dll.

  1. Faktor pekerjaan

Pekerjaan juga bisa menjadi faktor tubuh mudah terinfeksi virus TB. Beberapa jenis pekerjaan yang bisa memicu berkembangnya virus TB yang menjadi penyakit flek paru – paru ini antara lain seperti tenaga medis yang kontak langsung dengan penderita flek paru – paru. Atau bahkan orang yang sering bekerja larut malam, maka akan menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan terkena penyakit menular yang satu ini.

  1. Penyalahgunaan obat – obatan berbahaya

Penyalahguunaan obat – obatan berbahaya seperti narkotika, atau alkhohol juga merupakan salah satu faktor penyebab dari flek paru – paru ini didalam tubuh anda. maka dari itu, anda mesti menjaga kesehatan tubuh anda dengan menjauhi obat – obatan terlarang. Ternyata, merokok pun bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan terjadinya flek paru – paru pada tubuh anda.

  1. Lingkungan yang tidak bersih

Penyebab lainnya dari resiko flek paru – paru ini adalah dari faktor lingkungan yang tidak bersih. Lingkungan yang tidak bersih ini, akan menyebabkan bakteri dan virus penyebab penyakit ini, berkembang biak secara pesat. Hal ini akan menyebabkan anda lebih rentan terserang flek paru – paru.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab flek paru – paru pada tubuh yang bisa anda kenali. Maka sebisa mungkin anda mesti mencegah agar diri dan keluarga serta orang lain tidak terjangkiti penyakit menular yang satu ini, dengan mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*