Waspadai 3 Jenis Gangguan Saat Hamil

Gangguan Saat Hamil

Gangguan Saat Hamil

Ternyata ada banyak bentuk dan jenis Gangguan Saat Hamil yang bisa terjadi, dari yang ringan hingga yang cukup berat atau bahkan mengancam keselamatan ibu maupun janin. Gangguan ataupun tanda bahaya semacam itu wajar datang menghadang akan hadirnya seorang manusia baru yang akan menjadi generasi baru dari sebuah keluarga.

Berbagai jenis tanda bahaya saat kehamilan itu harus dikenali agar dapat diantisipasi sejak dini. Dengan mengenal berbagai hambatan atau cobaan yang datang sang ibu dapat dengan cepat mengatasinya atau membawanya untuk berkonsultasi atau memeriksakan ke dokter kandungan. Nah, berikut ini beberapa Gangguan Saat Hamil yang perlu diwaspadai.

  1. Terjadinya Demam Tinggi

Ibu hamil yang mengalami demam tinggi dengan suhu tubuh hingga di atas 38º C perlu diwaspadai karena bisa jadi merupakan indikasi terjadinya infeksi dalam kandungan. Infeksi ini timbul akibat masuknya mikroorganisme pathogen ke dalam tubuh ibu hamil yang dapat menimbulkan demam tinggi sehingga perlu segera mendapat penanganan. Langkah darurat yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan minum air yang banyak dan mengompres untuk menurunkan suhu tubuh serta istirahat yang cukup. Jika kondisi tidak membaik, segera periksakan ke dokter kandungan.

  1. Sakit Kepala yang Sangat

Jika sakit kepala yang biasa mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Namun jika sakit kepala terasa begitu berat dan tidak segera hilang setelah beristirahat, maka anda perlu waspada. Apalagi jika disertai pandangan yang menjadi kabur, ada kemungkinan hal ini merupakan indikasi dari gejala pre-eklampsia sehingga perlu segera diperiksanakan ke dokter.

  1. Nyeri Hebat pada Perut

Mual dan mulas pada perut yang sedang hamil merupakan gejala lumrah. Namun jika perut terasa nyeri yang hebat, maka anda perlu segera mencari tahu penyebabnya dan menjaga kehamilan dengan baik. Apalagi jika nyeri perut itu tidak hilang setelah beristirahat atau terasa makin hebat, maka ada kemungkinan masalah yang perlu mendapat diagnosis yang pasti dari medis.

Kehamilan ektopik, appendiksitis, penyakit radang pelviks, persalinan pre term, aborsi, gastritis, abrupsi placenta, atau pun infeksi lainnya bisa saja terjadi. Agar Gangguan Saat Hamil ini tidak mengancam keselamatan ibu dan janin, maka anda perlu segera memeriksakannya ke dokter kandungan untuk mendapat pengobatan secepatnya.

Tips Menjaga Berat Badan Saat Hamil

Gangguan Saat Hamil

Gangguan Saat Hamil

Menjaga Berat Badan Saat Hamil merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan. Mungkin banyak orang yang berasumsi bahwasanya penambahan berat badan selama masa kehamilan merupakan hal yang lumrah. Memang, karena janin dalam kandungan juga tumbuh danberkembang, maka akan menambahberat badan ibu. Namun berat badan yang berlebihan patut diwaspadai karena dapat menimbulkan komplikasi dan juga dapat menimbulkan gangguan saat hamil yang berbahaya bagi janin maupun ibu hamil.

Jika penambahan berat badan selama hamil melebihi 1 kg dalam seminggu, maka patut diwaspadai. Apalagi jika disertai kaki yang membengkak, air seni menjadi keruh, tekanan darah meningkat, kepala terasa nyeri, serta pandanga mata terasa berkunang. Kondisi ini bisa jadi merupakan gejala pre-eclampsia yang bila tidak segera diatasi bisa mengancam nyawa ibu maupun janin.

Obesitas saat hamil juga dapat membawa dampak yang cukup berbahaya, seperti kelahiran premature kemungkinan terjadinya komplikasi, ataupun risiko lainnya. Karena itulah Menjaga Berat Badan Saat Hamil harus diperhatikan dengan baik. Nah, berikut beberapa hal menjaga berat badan selama kehamilan.

Menjaga penambahan berat badan saat hamil hendaknya dilakukan berdasarkan indeks massa tubuh sebelum kehamilan. Jika anda termasuk orang dengan berat badan normal, maka penambahan berat yang diloreansi adalah antara 11,3 hingga 15,9 kilogram. Untuk wanita yang memiliki berat badan berlebih, maka penambahannya antara 6,8 hingga 11,3 kg, sedangkan untuk wanita obesitas sebaiknya peambahan berat badan saat hamil tidak melebihi 4,8 hingga 9 kg.

Hindari menerapkan pola ‘untuk dua orang’ atau hanya menuruti nafsu makan tanpa memperhatikan indeks masa tubuh anda. Makanlah secara seimbang dan cukup, baik gizi maupun volumenya. Sebagai acuan untuk ibu hamil dengan berat badan normal, sebaiknya hanya mengonsumsi tambahan tidak melebihi dari 300 kalori setiap harinya selama hamil.

Lakukan olah raga ringan selama kehamilan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Umumnya wanita hamil dianjurkan untuk melakukan olah raga ringan setidaknya sekitar 150 menit setiap minggunya. Senam hamil ataupun sekedar jalan pagi merupakan olah raga yang sangat baik untuk ibu hamil.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam Menjaga Berat Badan Saat Hamil. Dengan mengatur pola makan, olah raga, dan gaya hidup sehat, maka berat badan saat hamil akan dapat dijaga dengan baik.

Tips Cepat Hamil Untuk Wanita Gemuk

Kehamilan menjadi dambaan bagi setiap pasangan. Namun terkadang beberapa kasus yang terjadi adalah sulitnya hamil meski telah bertahun-tahun menikah. Pernahkah Anda mendengar mitos mengenai wnaita gemuk sulit hamil? Mitos itu tidak dibenarkan, karena wanita gemuk masih bisa hamil, namun alangkah baiknya jika posisikan berat badan Anda dalam keadaan ideal sebelum Anda tengah hamil. Karena kehamilan pada wanita obesitas akan membahayakan kehamilannya dan mengganggu kesehatannya. Mungkin yang tepat adalah wanita gemuk sulit hamil, meski wanita kurus juga sulit hamil, namun ini bukan menjadi Anda menyerah.

Berat badan berlebih atau gemuk menyebabkan sulit terjadinya kehamilan. Wanita gemuk sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk membuat berat badan Anda menjadi ideal. Sebuah penelitian dimana indeks massa tubuh lebih dari 40 menurunkan 35% peluang hamil dibandingan wanita dengan massa tubuh normal. Embrio akan sulit ditanam pada wanita gemuk sehingga teknologi bayi tabung juga tidak akan berpengaruh. Menurunkan peluang kehamilan selain kegemukan juga menyebabkan komplikasi mulai dari hipertensi dan lainnya. Saat hamil tidak disarankan menurunkan berat badan, karena akan berpengaruh apda kesehatan dan tumbuh kembang janin, untuk itu alangkah baiknya turunkan berat badan sebelum menjalani program kehamilan.

Cepat Hamil Untuk Wanita Gemuk

Cepat Hamil Untuk Wanita Gemuk

Tips Agar Wanita Gemuk Cepat Hamil

Ada beberapa hal yang disarankan agar wanita gemuk bisa cepat hamil, Tips Cepat Hamil Untuk Wanita Gemuk seperti di bawah ini.

  1. Diet sehat

Diet sehat akan meningkatkan peluang kehamilan bukan hanya menurunkan berat badan saja. Perhatikan asupan makanan yang sheat untuk meningkatkan dan menjaga kesuburan dimana makanan yang mempercepat kehamilan dengan kandungan asam folat, kentang, asparagus, kuning telur, kol, tauge dan lain sebagainya.

  1. Melakukan tes darah

Lakukan test darah untuk mengetahui jika Anda memiliki tiroid. Wanita yang bebas tiroid akan mudah menurunkan berat badan.

  1. Olahraga

Terapkan diet sehat dan olahraga rutin namun tidak berlebihan, karena kesuburan terganggu saat melakukan olahraga berlebih.

  1. Perhatikan siklus menstruasi

Siklus menstruasi dipengaruhi kadar lemak, jadi turunkan berat badan Anda. Jika Anda memahami siklus menstruasi Anda maka Anda dapat emngetahui kapan waktu yang tepat ovulasi terjadi sehingga Anda dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Demikianlah tadi beberapa Tips Cepat Hamil Untuk Wanita Gemuk. Namun tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat solusi yang tepat untuk Anda.

Tips Berpuasa Sehat Bagi Ibu Hamil

Ramadhan telah datang, bulan penuh berkah dan ampunan telah hadir kembali untuk kita membersihkan diri dari dosa serta memperbaiki amal ibidah menuju manusia fitrah. Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas hukum (secara agama), akan tetapi kita akan sharing tentang bagaimana Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil agar ibu yang ingin menjalankan puasa tetap aman dan nyaman.

Mungkin ada sebagian ibu muda yang bertanya saat hamil boleh nggak kita tidak menjalankan ibadah puasa? Dari beberapa info yang kami dapat, wanita hamil boleh meninggalkan puasa dengan beberapa syarat, tidak sehat dan tidak kuat menjalankan puasa. Tidak sehat maksudnya terjadi sesuatau yang tidak sewajarnya baik pada ibu maupun pada janin dalam kandungan misalnya anemia, pusing berkelanjutan, mual dan muntah dan lain sebagainya.

Saat telah di nyatakan sehat dan tidak ada masalah oleh dokter ahli kandungan maka saatnya untuk berimprovisasi bagaimana cara terbaik yang dapat di lakukan selama menjalani ibadah puasa. Sekali lagi yang dapat mengetahui sehat atau tidaknya, kuat atau tidaknya berpuasa adalah diri anda sendiri. Untuk itu jika memang anda yakin kuat dan sanggup berpuasa maka lakukan puasa dengan niat ikhlas yakin karena Allah.

Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Beberapa Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil di bawah ini dapat membantu anda berimprovisasi selama menjalankan ibadah puasa.

Tips Saat Sahur

  • Saat makan sahur usahakan makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, seperti nasi,  sayur , ubi dan gandum.
  • Jangan makan makanan yang banyak mengandung gula, kandungan gula akan menimbulkan efek gampang lapar, lemas dan letih karena hormon insulin terpicu untuk membakar gula dalam darah.
  • Sediakan buah buahan yang cukup saat makan sahur serta minum segelas susu untuk melengkapi vitamin untuk sehari penuh.
  • Saat waktu sahur menjalang habis, minumlah air putih sebanyak yang anda mampu. Ini untuk menghindari kekurangan cairan selama puasa.

Tips Saat Berbuka

Ketika waktu berbuka telah tiba, mulailah dengan minum minuman hangat di susul dengan memakan makanan manis seperti kurma, buah segar seperti peer. Hindari buah yang mengandung asam seperti jeruk, belimbing yang rentan menimbulkan iritasi lambung (Maag). Jus aneka buah murni lebih baik lagi untuk melengkapi kebutuhan pertama yang akan segera di proses oleh tubuh.

Sebenarnya makanan buka puasa terbaik adalah air putih hangat dan kurma Bu, sebab buah kurma sudah mengandung karbohidrat sederhana dalam jumlah banyak, juga mengandung zat besi yang cukup. Selain itu, buah kurma juga mengandung banyak kadar gula untuk mem- backup kebutuhan gula tubuh.

Saat berbuka jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan, waktu shalat maghrib adalah waktu jeda yang memberikan kesempatan kepada tubuh untuk mengolah makanan pembuka. Jadi jangan kalap Bu ya,. mentang – mentang sudah maghrib langsung tancap habisin semua makanan yang ada,. hehe,.Setelah sholat maghrib, baru ibu bisa mengkonsumsi makanan dengan porsi besar misalnya nasi + sayur. Jangan terlalu kenyang ya Bu,. sewajarnya saja asal sudah tidak merasakan lapar berarti makanan yang kita makan sudah cukup.

Tips Tambahan

Setelah menjalankan ibadah sholat tarawih waktunya untuk mengkonsumsi makanan pendukung lain seperti buah, susu atau jika ibu hamil ingin menambah makan nasi, inilah waktunya. Bagi ibu yang suka ngemil saat yang pas buat ngemil bersama suami tetapi usahakan memilih makanan ringan yang mengandung nutrisi sehingga kebutuhan ibu dan janin terpebuhi.

Jangan lupa perhatikan juga konsumsi cairan yang di perlukan tubuh. Sering minum adalah cara terbaik untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Minum sedikit tetapi sering adalah cara terbaik untuk menghindari rasa eneg. Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat untuk mnghindari sembelit yang sering di alami oleh ibu hamil.

Dari beberapa Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil di atas, anda dapat berimprovisasi sendiri sesuai kemampuan masing – masing. Apapun tips nya dapat di lakukan asalkan dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu dan janin. Tak lupa kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1435 H /2018 M semoga amal ibadah kita di terima dan tetap di berikan kekuatan khususnya untuk ibu hamil yang sedang menunggu si buah hati.

Proses Melahirkan Yang Tepat Dan Cermat

Selama proses kehamilan tentunya banyak yang dirasakan oleh wanita hamil. Mulai dari senang, bahagia, sedih, lelah dan sebagainya. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwasannya wajah seorang ibu yang sedang hamil itu tampak lebih bercahaya. Ini dikarenakan jiwa mereka lebih bersahaja karena sedang mengandung. Apalagi hal ini didukung dengan persiapan segala macam selama proses kehamilan. Setelah menunggu selama 9 bulanan, inilah yang ditunggu-tunggu yaitu Proses Melahirkan.

Proses Melahirkan

Proses Melahirkan

Kelahiran merupakan hal yang ditunggu para calon ibu. Karena disinilah si anak akan keluar dari rahim wanita hamil dan menuju ke dunia. Walaupun ditunggu, namun ada beberapa ibu yang harap-harap cemas pada proses kelahiran ini. Justru pada saat ini nyawa ibu sangat dipertaruhkan. Mengapa saya mengatakan demikian? Proses kelahiran bukanlah perkara yang mudah. Banyak tindakan yang tidak dapat dilakukan sendiri oleh si ibu karena proses ini membutuhkan bantuan ahlinya seperti dokter kandungan, bidan maupun dukun bayi.

Proses Melahirkan secara normal berarti proses dimana kelahiran terjadi melalui jalan vagina atau lubang rahim. Namun proses kelahiran seperti ini sekarang kurang dinikmati karena mengingat resikonya yang besar. Tetapi sebenarnya resiko ini bisa ditekan agar tidak membahayakan. Proses kelahiran secara normal dilakukan dengan cara mengejan dan hal ini sangat mempengaruhi waktu pengeluaran sang jabang bayi. Maka dari itu perlu pelatihan khusus agar daya mengejan ibu kuat. Pelatihan khusus dapat dilakukan pada masa kehamilan.

Sebenarnya jalan kelahiran secara normal inilah yang dianjurkan oleh dokter pada umumnya. Hal ini mengingat resiko operasi Caesar yang terjadi pasca kelahiran. Proses kelahiran secara normal juga memiliki banyak keuntungan diantaranya biaya yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan resiko pasca kelahiran tidak terlalu banyak. Jumlah anak yang dapat dilahirkan secara normal juga tidak terbatas asal memperhatikan jarak kelahiran.

Proses melahirkan secara normal pun tidak memiliki resiko buruk terhadap hidup sang bayi karena pada proses kelahiran ini sang ibu tidak dibius sehingga bayi yang dilahirkan pada proses ini bisa langsung menangis pasca lahir. Bayi yang lahir dalam kondisi menangis ini oleh dokter dapat dikatakan sebagai bayi yang lahir dengan sehat. Maka dari itulah proses ini sangat dianjurkan oleh para dokter.

Untuk itu, sebelum melahirkan diperlukan keputusan yang matang mengenai mana jalan proses kelahiran yang sesuai dengan kondisi ibu dan janin. Perencanaan ini dapat dikonsultasikan kepada dokter kandungan atau bidan yang anda percaya. Ini diperlukan agar dalam Proses Melahirkan, resiko-resiko yang ada dapat dihindari dengan cara penanganan yang baik dan tepat. Tentunya kita berharap semoga proses kelahiran yang dijalani dapat berjalan sesuai dengan rencana dan memberi hasil yang memuaskan pula.

Sakit Ketika Haid Banyak Cara Untuk Meredamnya

haid atau menstruasi pastilah dialami seluruh wanita di seluruh penjuru dunia yang mulai beranjak dewasa, berbagai rasa pasti akan menimpa dikala tamu bulan tersebut menjelang. Mulai dari rasa nyeri yang tak tertahankan, sakit diperut seperti tertusuk jarum, pegal punggung yang membuat terkadang wanita merintih menahan sakit. Adapula wanita yang mengalami haid sampai pingsang, karena tubuhnya yang gak kuat menahan sakit yang dialami.

Terkadang wanita lebih sensitif ketika ia tengah mengalami haid, ia mulai cepat� marah bawaannya emosi.

Jadi kadang jangan kaget kalau pacar, teman, adik, kakak atau istri� kita tiba-taba cepat marah atau tersinggung. Banyak hal yang dilakukan mereka para wanita yang tengah kedapatan tamu bulanan ini. untuk mereda rasa nyeri yang mereka rasakan, para kaum hawa ini biasanya minum obat penahan rasa sakit atau melancarkan datang bulan yang dijual di apotek atau warung-warung yang menjual obat tersebut.

Ada juga yang mengurangi rasa nyeri, dengan menggunakan air hangat. Air hangat dapat meringankan nyeri dalam perut.

Karena saat sakit terjadi penegangan dalam otot perut, air hangat dapat mengurangi ketegangan dalam otot-otot perut dan punggung. Saat haid melanda, wanita cenderung mager (malas gerak). Malas gerak di sini, dikarenakan kemalasan karena merasa cepat lelah dan emosinya yang gak terkontrol, apalagi kalau sakit yang dialami tak tertahankan.

Kedatangan tamu bulanan akan datang setiap bulan, tapi ada pula wanita-wanita yang mengalami siklus haid tidak lancar.

Adapula wanita-wanita yang mengalami haid setiap dua bulan, bahkan tiga bulan sekali. Hal tersebut dikarenakan ketidaknormalan hormon dalam tubuh, dan bisa pula disebabkan karena suatu penyakit.

Sering mencatat waktu haid adalah suatu kebutuhan wanita, karena agar siklus haid dapat selalu jelas dan terkontrol. Sebaliknya ada pula wanita yang mengalami haid keseringan. Eehh bisa saja itu bukan darah haid tapi darah istikhadoh, yaitu darah yang disebabkan aktifitas terlalu padat, kelelahan maupun karena penyakit yang dialami.

Jadi jangan ninggal sholat ya yang keluar darah istikhadoh. Untuk teman-teman yang mengalai haid yag lancar setiap bulan dan sering mengalami nyeri ataupun sakit perut yang tak tertahankan, cara diatas mungkin sudah banyak yang melakukan. Berikut batiknews.com coba memberikan tips mengatasi masalah diatas:

Anda bisa menggunakan pisang kepok untuk meredakan rasa sakit ketika haid, caranya 1 kepal pisang kepok diparut kemudian remaslah dengan menggunakan air garam kemudian peras dan saring air dari perasan tersebut.

Gunakan air remasan yang sudah disaring 2 kali setiap hari, minumlah 2 sendok makan perasan air tersenut tiap kali meminum ramuan tersebut.

Selai menggunakan pisang kepok diatas, anda juga bisa menggunakan 2 butir bawang putih dan 2 sendok makan air hangat. Bersihkan terlebih dahulu bawang putih tersebut, kemudian kunyah hingga halus setelah itu minumlah 2 sendok makan air hangat 2 kali tiap hari. Dan perbanyaklah minum air putih.

Somoga cara � cara diatas bisa bermanfaat buat pembaca sekalian.

Penyebab Rasa Sakit Pada Rahim Saat Kehamilan

Perubahan tubuh ibu hamil merupakan hal yang normal terjadi karena perubahan hormonal. Ibu hamil akan menjadi lebih peka atas perubahan dan peregangan rahimnya. Jika ibu hamil merasa seperti janin sedang meluncur dalam rahim itu tidak berdampak buruk justru itu pertanda jika janin berkembang dengan optimal. Jika terasa nyeri yang tak tertahankan atau gejala lain yang mencurigakan maka segera periksakan dan lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui Penyebab Rasa Sakit Pada Rahim Saat Kehamilan.

Dalam buku the pregnancy book karya William Sears mengatakan jika nyeri otot panggul normal terjadi di trimester pertama, namun kondisi ini bisa berubah sewaktu-waktu dan bisa menimbulkan rasa nyeri, kesemutan, dan kram. Rahim akan ditopang oleh otot ligamen agar tetap berada di posisinya, dimana akan terjadi peregangan karena rahim yang akan membesar yang akan sangat terasa pada trimester pertama. Rahim akan ikut terasa nyeri dan menjalar ke perut, pinggul, dan punggung bagian bawah.

Janin yang bergerak bisa terjadi di minggu ke-16 dan 25 dimana akan dimulai dengan gerakkan sangat pelan yang dirasakan ibu seperti bayi sedang meluncur dalam rahim. Gerakkan janin akan sangat terasa seperti tandangan bayi, namun jika berhentinya atau melambatnya pergerakkan secara drastis maka harus segera lakukan pemeriksaan. Memangtak ada kaitannya pergerakkan posisi janin dengan kesehatan janin, tetap saja pergerakkan yang frekuensinya amat sedikit harus diwaspadai. Ini juga bisa menjadi pertanda kehamilan mengalami masalah seperti apa yang dikatakan William Sears.

Rasa Sakit Saat Kehamilan

Penyebab Rasa Sakit Pada Rahim Saat Kehamilan

Pada buku Biology: Life On Earth with Physiology menjelaskan kontraksi ringan tidak teratur di awal kehamilan atau di minggu ke-6, namun masih ada beberapa kasus dimana ibu hamil tidak merasakannya. Ibu hamil sedang menyiapkan dirinya menjelang perasalinan yang ditandai dengan kontraksi menurut beberapa dokter. Ibu hamil akan merasa geli, kesemutan, bahkan nyeri dengan seiring terjadi kontraksi dan peregangan rahim. Ada beberapa wanita mengaku jika saat terasa nyeri sewaktu kontraksi tidak teratur terjadi. Sebanyak 4x kontraksi tidak teratur terjadi selama sejam saat usia kehamilan kurnag dari 37 minggu segeralah lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikianlah tadi ulasan kita mengenai Penyebab Rasa Sakit Pada Rahim Saat Kehamilan , Pada dasarnya Ibu hamil akan menjadi sangat sensitif atas kehamilannya. Nyeri ringan bisa terjadi karena udara dalam perut yang seperti janin sedang meluncur dalam rahim. Ini akan menyebabkan ibu merasa rahimnya berdenyut saat nyeri terjadi, seperti apa yang dikatakan William Sears di mana peningkatan aliran darah membuat nyeri terasa makin sakit. Beberapa hal membuat otot rahim menjadi lemah karena melakukan olahraga yang berat, rasa lapar yang dibiarkan hingga berlebihan, dan terjadi stress, jadi nyeri akan terasa saat otot rahim menjadi lemah.

4 Tips Cara Cepat Hamil yang Mudah dan Efektif

Cara Cepat Hamil

Cara Cepat Hamil

Hampir semua pasangan suami istri yang baru saja menikah ingin cepat hamil dan mendapat momongan. Tak sedikit pula yang membayangkan nikmatnya saat hamil dan mempersiapkan kehadiran anggota baru dengan membuatkan sebuah kamar baru lengkap dengan berbagai jenis permainan anak. Kehadiran bayi merupakan suatu anugerah sekaligus berkah dari sebuah kehidupan baru yang dibangun pasangan suami dan istri.

Namun sayangnya, tidak setiap wanita yang telah menikah bisa cepat mendapat momongan. Tak sedikit kasus banyaknya wanita yang belum juga dikaruniai anak meski pernikahan telah berjalan beberapa tahun. Berbagai usaha pun dilakukan agar cepat hamil dan mendapatkan momongan. Ada yang rela mengeluarkan uang miliaran rupiah untuk berobat keluar negeri, ataupun melakukan dan menempuh cara tradisonal untuk hadirnya buah hati yang diidamkan.

Jika anda ingin cepat mendapat momongan, 4 Tips Cara Cepat Hamil berikut ini mungkin berguna dan dapat membantu usaha anda tersebut.

  1. Memeriksakan ke Dokter Kandungan.

Jika pernikahan anda telah memasuki setidaknya bulan ke 4 namun anda belum merasakan adanya tanda hamil, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan tes. Banyak alat tes kehamilan yang dijual di pasaran dengan harga murah yang bisa anda coba. Jika alat tes tak menunjukkan hasil positif, anda sebaiknya menemui dan berkonsultasi dengan dokter kandungan anda.

  1. Perbaiki Gaya Hidup dan Asupan Anda.

Problem utama yang sering ditemukan pada kasus kehamilan yang tertunda adalah karena kurang suburnya bibit yang ada pada anda berdua sebagai suami dan istri. Masalah kesuburan umumnya juga berhubungan dengan gaya hidup, terutama pada pola makan dan asupan gizi. Seharusya, masalah ini telah menjadi perhatian anda sebelum melangsungkan pernikahan, jika anda ingin cepat hamil setelah menikah. Pola asupan ini juga merupakan makanan ibu hamil yang perlu terus anda perhatikan nantinya.Hindari perilaku dan makanan yang tidak sehat, dan pilih menu gizi yang cukup dan seimbang untuk asupan harian anda. Jangan lupakan makan sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan karena mengandung nutrisi yang sangat bagus untuk mendukung agar cepat hamil.

  1. Tingkatkan Kualitas Hubungan Suami Istri

Hubungan suami istri yang baik adalah yang dilakukan berdasarkan keinginan anda berdua dengan penuh kasih sayang. Hindari melakukan hubungan seks hanya karena saran diinternet sebagai tips cepat hamil. Hubungan suami istri bukan sekedar masalah kebutuhan biologis, namun juga merupakan ungkapan emosi dan psikologis kedua.

Karena itu perbaiki komunikasi anda bersama pasangan, dan kalau perlu minta cuti darikantor agar anda berdua mempunyai waktu khusus untuk berlibur atau melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama pasangan. Akan lebih baik lagi jika saat anda melakkannya, ada mengetahui waktu subur yang tepat sehingga dapat meningkatkan keberhasilan anda dalam mendapatkan momongan secepatnya.

  1. Lakukan Olah Raga Bersama

Langkah lain yang juga perlu dilakukan sebagai cara biar cepat hamil adalah melakukan olah raga secara teratur. Joging ataupun jalan pagi merupakan olah raga ringan yang sangat menyehatkan fisik dan kebugaran anda. Apalagijika hal inidilakukan berdua bersama pasangan, maka juga akan mendukung kesehatan secara psikologis pula yang tentunya sangat mendukung upaya anda untuk seger mendapatkan momongan.

Demikianlah tadi beberapa Tips Cara Cepat Hamil,  ringan namun cukup mendasar bagai mengubah cara pandang terhadap perubahan yang anda inginkan agar cepat hamil secara efektif. Semoga bermanfaat, terimakasih.

3 Makanan Terbaik Untuk Nutrisi Ibu Hamil

Nutrisi Ibu Hamil

3 Makanan Terbaik Untuk Nutrisi Ibu Hamil

Kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil tentunya sangat berbeda dengan saat tidak hamil. Apalagi dengan adanya janin yang ada dalam rahim yang sangat membutuhkan asupan bergizi. Dengan mengatur menu makanan ibu hamil yang sehat dan bergizi serta memilih jenis makanan pilihan, maka akan sangat berguna dalam mendukung kesehatan ibu maupun membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin.

Untuk membantu anda yang sedang hamil, berikut ini 3 jenis makanan yang sangat baik sebagai Nutrisi Ibu Hamil yang perlu dimasukkan dalam menu makanan harian anda.

  1. Telur

Telur merupakan makanan sumber gizi yang terbilang lengkap, bukan hanya kaya dengan protein namun juga mengandung lebih dari 12 jenis vitamin dan beragam jenis mineral yang penting untuk tubuh. Kandungan protein telur bukan hanya penting untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil namun juga dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dimana sel-sel janin banyak terbuat dari protein pula.

Kuning telur juga mengandung kolin yang cukup tinggi, bahkan mampu mengalahkan 300 gram daging sapi. Unsur kolin sangat dibutuhkan untuk membantu mendorong pertumbuhan janin terutama dalam meningkatkan dan mengoptimalkan pertumbuhan sel-sel otak pada janin. Kandungan kolin dalam sebutir telur tercatat terdapat sekitar 126 mg, dan ini cukup penting dalam membantu memenuhi kebutuhan perkembangan otak janin agar lebih optimal.

  1. Ikan Salmon

Ikan Salmon merupakan sumber makanan terbaik untuk merangsang pertumbuhan sel otak janin karena banyak mengandung asam lemak omega 3, DHA, maupun EPA. Menurut data yang ada, dalam setiap 100 gram ikan salmon terdapat asam lemak omega 3 sebesar 2,2 gram. Salmon juga mengandung banyak protein yang penting sebagai makanan seimbang untuk ibu hamil maupun untuk perkembangan calon bayi. Namun karena ikan salmon juga mengandung methylmercury meski dalam jumlah snagat rendah, konsumsi ikkan ini tetap mesti dibatasi dan sebaiknya jangan terlalu berlebih.

  1. Kacang-kacangan dan Sayuran Berwarna

Sayuran berwarna tomat, labu, wortel, bayam, ubi jalar merah sangat penting untuk untuk pertumbuhan janin maupun memperkuat sel-sel otak calon bayi. Begitu juga kacang-kacangan yang banyak mengandung protein, karbohidrat kompleks, serta vitamin E sangat diperlukan untuk optimalisasi perkembangan janin. Makanan ini juga sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil dalam meningkatkan kualitas kesehatannya dalam menyongsong kedatangan calon anak yang sehat dan cerdas.

Demikianlah tadi beberapa sumber Nutrisi Ibu Hamil yang perlu dimasukkan dalam menu makanan harian anda. Semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan kita khususnya bagi anda yang sedang dalam masa kehamilan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Inilah Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Pada Wanita

Mentruasi merupakan salah stau siklus yang umum terjadi pada wanita yang sudah memasuki masa pubertas hingga dewasa, dan menginjak usia sebelum menopause yang memang menjadi salah satu tanda bahwa orang tersebut memang normal dari segi hormonal dan kesehatan. Menstruasi umumnya rutin dan lancar terjadi selama sebulan sekali,atau 28 hari sekali,tergantung kondisi yang terjadi pada wanita tersebut. Namun menstruasi ini sendiri pun juga memiliki masalah lainnya seperti tidak lancar yang merupakan masalah menstruasi yang seringnya menimpa wanita.

Menstruasi yang tidak lancar ini, ternyata bisa jadi adalah salah satu sinyal terjadinya sesuatu yang tidak baik didalam tubuh. Bisa jadi ini merupakan tanda anda sedang mengidap penyakit tertentu yang menyebabkan menstruasi pun menjadi tidak lancar. Selain itu, penyebab dari menstruasi yang tidak lancar pada wanita pun bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya seperti stress atau faktor lainnya. Mengenali penyebab menstruasi yang tidak lancar tentu saja akan membantu anda dalam mengatasinya, dan berikut ini adalah beberapa penyebabnya yang bisa anda ketahui.

Inilah Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Pada Wanita

  1. Alat Kontrasepsi

Pemasangan alat kontrasepsi seperti IUD, atau bakan konsumsi Pil KB akan berpengaruh pada siklus menstruasi anda. hal ini nantinya akan menyebabkan flek yang akan muncul menjelang menstruasi. Untuk alat kontrsepsi jenis IUD ini, akan berpengaruh terhadap darah yang keluar saat menstruasi lebih banyak, sebaliknya untuk pil KB darah yang keluar pada saat menstruasi ini akan menjadi lebih sedikit.

  1. Pola hidup sehari – hari

Olahraga yang berlebihan, dan akan membuat berat badan menjadi turun drastis, akan menyebabkan menstruasi menjadi tidak lancar, dan juga sebaliknya untuk kondisi tubuh yang mengalami obesitas pun, juga akan menyebabkan menstruasi tidak lancar. Hal ini dikarenakan, hormone yang mempengaruhi menstruasi ini, akan berpengaruh produksinya tergantung kondisi tubuh yang disebakan karena pola hidup anda sehari – hari.

  1. Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom yang satu ini, merupakan masalah yang disebabkan karena adanya kista kecil didalam indung telur dan hal ini akan menyebabkan masalah tidak normalnya hormone, dimana produksi hormone testoteron yang seharusnya sedikit dimiliki wanita menjadi lebih banyak. hal ini akan berpengaruh pada fase menstruasi anda. dimana akan terjadi ketidaknormalan pada saat proses pelepasan sel telur.

  1. Tiroid

Tiroid merupakan kelenjar yang ada pada bagian leher yang mana mampu secara alami mengatur metabolisme didalam tubuh. Jika tiroid yang ada didalam tubuh anda mengalami gangguan,maka akan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti misalnya menstruasi yang tidak lancar. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek darah dimana akan melihat seberapa banyak level hormone tiroid ini dalam darah anda.

  1. Kehamilan

Selain masalah kesehatan yang bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar, kehamilan pun bisa menyebabkan fase menstruasi pada tubuh anda mengalami ketidaklancaran. Tentu saja jika janin sedang tumbuh dan ada di rahim anda, proses peluruhan sel telur akan berhenti, maka jika anda mengalami masa menstruasi yang tidak lancar, bisa segera untuk cek kandungan.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar pada wanita. Semoga bermanfaat sebagai informasi tambahan untuk anda akan penyebab tidak lancarnya menstruasi, dan menjadikan anda lebih bisa menghindari faktor – faktor yang merupakan salah satu penyebab dari masalah menstruasi ini.

Histats.com © 2005-2018 - GDPR: tracker policy -Integrate your policy - this website policy - Check/do opt-out