Inilah Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Pada Wanita

Mentruasi merupakan salah stau siklus yang umum terjadi pada wanita yang sudah memasuki masa pubertas hingga dewasa, dan menginjak usia sebelum menopause yang memang menjadi salah satu tanda bahwa orang tersebut memang normal dari segi hormonal dan kesehatan. Menstruasi umumnya rutin dan lancar terjadi selama sebulan sekali,atau 28 hari sekali,tergantung kondisi yang terjadi pada wanita tersebut. Namun menstruasi ini sendiri pun juga memiliki masalah lainnya seperti tidak lancar yang merupakan masalah menstruasi yang seringnya menimpa wanita.

Menstruasi yang tidak lancar ini, ternyata bisa jadi adalah salah satu sinyal terjadinya sesuatu yang tidak baik didalam tubuh. Bisa jadi ini merupakan tanda anda sedang mengidap penyakit tertentu yang menyebabkan menstruasi pun menjadi tidak lancar. Selain itu, penyebab dari menstruasi yang tidak lancar pada wanita pun bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya seperti stress atau faktor lainnya. Mengenali penyebab menstruasi yang tidak lancar tentu saja akan membantu anda dalam mengatasinya, dan berikut ini adalah beberapa penyebabnya yang bisa anda ketahui.

Inilah Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Pada Wanita

  1. Alat Kontrasepsi

Pemasangan alat kontrasepsi seperti IUD, atau bakan konsumsi Pil KB akan berpengaruh pada siklus menstruasi anda. hal ini nantinya akan menyebabkan flek yang akan muncul menjelang menstruasi. Untuk alat kontrsepsi jenis IUD ini, akan berpengaruh terhadap darah yang keluar saat menstruasi lebih banyak, sebaliknya untuk pil KB darah yang keluar pada saat menstruasi ini akan menjadi lebih sedikit.

  1. Pola hidup sehari – hari

Olahraga yang berlebihan, dan akan membuat berat badan menjadi turun drastis, akan menyebabkan menstruasi menjadi tidak lancar, dan juga sebaliknya untuk kondisi tubuh yang mengalami obesitas pun, juga akan menyebabkan menstruasi tidak lancar. Hal ini dikarenakan, hormone yang mempengaruhi menstruasi ini, akan berpengaruh produksinya tergantung kondisi tubuh yang disebakan karena pola hidup anda sehari – hari.

  1. Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom yang satu ini, merupakan masalah yang disebabkan karena adanya kista kecil didalam indung telur dan hal ini akan menyebabkan masalah tidak normalnya hormone, dimana produksi hormone testoteron yang seharusnya sedikit dimiliki wanita menjadi lebih banyak. hal ini akan berpengaruh pada fase menstruasi anda. dimana akan terjadi ketidaknormalan pada saat proses pelepasan sel telur.

  1. Tiroid

Tiroid merupakan kelenjar yang ada pada bagian leher yang mana mampu secara alami mengatur metabolisme didalam tubuh. Jika tiroid yang ada didalam tubuh anda mengalami gangguan,maka akan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti misalnya menstruasi yang tidak lancar. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek darah dimana akan melihat seberapa banyak level hormone tiroid ini dalam darah anda.

  1. Kehamilan

Selain masalah kesehatan yang bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar, kehamilan pun bisa menyebabkan fase menstruasi pada tubuh anda mengalami ketidaklancaran. Tentu saja jika janin sedang tumbuh dan ada di rahim anda, proses peluruhan sel telur akan berhenti, maka jika anda mengalami masa menstruasi yang tidak lancar, bisa segera untuk cek kandungan.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar pada wanita. Semoga bermanfaat sebagai informasi tambahan untuk anda akan penyebab tidak lancarnya menstruasi, dan menjadikan anda lebih bisa menghindari faktor – faktor yang merupakan salah satu penyebab dari masalah menstruasi ini.

Speak Your Mind

*

Histats.com © 2005-2018 - GDPR: tracker policy -Integrate your policy - this website policy - Check/do opt-out