Inilah Berbagai Makanan yang Mengandung Asam Folat

Apa sih asam folat itu? Dikutip dari wikipedia, asam folat adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Asam folat memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat untuk tubuh. Bahkan asam folat juga sangat baik untuk menyembuhkan penyakit. Jadi tidak hanya mencegah tubuh terkena penyakit, juga menyembuhkan beberapa penyakit yang sudah terlanjur terjangkit.

Asam folat dinilai sangat penting, khususnya untuk ibu hamil. Sebab, dengan mengkonsumsi asam folat yang cukup, maka perkembangan kesehatan janin anda akan lebih terjamin sehingga diharapkan janin bisa terhindar dari kecacatan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa asam folat adalah salah satu jenis vitamin, yaitu vitamin B yang larut dalam air. Seperti vitamin lainnya, asam folat juga sangat mudah rusak bila terkena panas.. Sehingga jika anda memasak Makanan Yang Mengandung Asam Folat, diharapkan untuk tidak memasak terlalu panas, agar kandungan asam folatnya tetap terjaga.

Makanan Mengandung Asam Folat

Inilah Berbagai Makanan yang Mengandung Asam Folat

Makanan Apa Saja Yang Banyak Asam Folat?

  1. Kacang Kacangan

Kacang kacangan banyak mengandung kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Kacang kacangan dikenal banyak mengandung asam folat. Selain asam folat, kacang kacangan juga banyak mengandung bahan bahan penting lainnya seperti vitamin D dan Kalsium yang manfaatnya sangat banyak, apalagi untuk ibu hamil. Disarankan kepada anda untuk mengkonsumsi setidaknya satu cangkir kacang. Dengan mengkonsumsi satu cangkir kacang, anda akan mendapatkan asupan asam folat sebanyak 180 mikrogram. Semua jenis kacang mengandung asam folat yang cukup, baik kacang merah, kacang hijau maupun kacang tanah.

  1. Buah Buahan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa buah buahan adalah salah satu sumber vitamin. Seperti yang sudah saya jelaskan juga bahwa asam folat adalah salah satu vitamin, tepatnya vitamin B yang larut dalam air. Oleh karenanya, buah buahan bisa menjadi sumber yang tepat untuk mendapatkan asam folat. Beberapa buah buahan yang banyak mengandung asam folat yaitu melon, pisang, mangga, dan alpukat.

  1. Sayur sayuran

Selain buah buahan, jenis makanan yang bisa menjadi sumber vitamin lainnya adalah sayur sayuran. Oleh karenanya, sayur sayuran juga bisa menjadi sumber asam folat yang bagus. Jenis sayuran yang banyak mengandung asam folat adalah sayuran yang berwarna hijau, khususnya sayuran dengan warna yang hijau gelap. Beberapa jenis sayuran yang direkomendasikan untuk anda konsumsi adalah brokoli, salada, kubis, sawi dan bayam. Jenis sayur ini sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk ibu hamill.

  1. Biji Bunga Matahari

Siapa sangka ternyata biji bunga matahari mengandung asam folat yang cukup banyak dan bermanfaat untuk tubuh. Sebagian dari anda ketika mendengar biji bunga matahari mungkin langsung mengatakan bahwa biji bunga matahari yang dimaksud adalah kuwaci. Namun bukan kuwaci yang saya maksudkan. Biji bunga matahari dikenal mengandung asam folat, dalam satu ons biji bunga matahari saja, anda bisa mendapatkan kurang lebih 82 micro gram asam folat. Tentu ini sangat baik untuk perkembangan tubuh, terutama ibu hamil.

Nah, demikianlah tadi pembahasan kita kali ini tentang Makanan Yang Mengandung Asam Folat. Mengingat asam folat menjadi salah satu gizi yang sangat diperlukan dan sangat baik bagi ibu hamil, maka pengetahuan tentang makanan apa saja yang mengandung asam folat ini sangatlah penting. Semoga dapat bermanfaat!

Speak Your Mind

*