Daftar Makanan Penyebab Jerawat di Wajah yang Harus Dihindari

Makanan Penyebab Jerawat

Makanan Penyebab Jerawat

Makanan bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di kulit wajah. Apalagi bila makanan ini banyak mengandung nutrisi yang mempengaruhi perkembangan hormon di dalam tubuh. Biasanya makanan dengan kandungan protein dan lemak terlalu tinggi akan membuat kulit wajah cenderung berminyak dan berjerawat. Hal ini yang membuat kamu harus mempertimbangkan nutrisi terbaik yang dikonsumsi setiap hari. Berikut ini jenis makanan penyebab jerawat di wajah yang harus kamu ketahui, seperti:

 

  1. Makanan dari olahan susu

Hingga saat ini sudah banyak pilihan makanan yang terbuat dari produk olahan susu. Jenis makanan ini juga dikemas dengan praktis sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi. Beberapa makanan yang terbuat dari olahan susu seperti yogurt, berbagai jenis keju, dan es krim. Seluruh makanan ini dianggap memiliki kandungan lemak dan protein yang sangat tinggi. Kandungan yang terdapat dalam produk olahan susu itu bisa memicu produksi sebum dalam kulit cenderung berlebihan. Hal ini yang menyebabkan jerawat di wajah sangat mudah untuk muncul. Bahkan, beberapa orang akan mengalami kulit wajah berminyak bila mengkonsumsi produk ini dalam jumlah yang cukup banyak.

 

  1. Makanan dengan kandungan gula tinggi

Gula memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jumlah gula yang masuk di dalam tubuh juga memiliki perhitungan ideal. Makanan dengan kandungan gula yang cukup tinggi biasanya juga akan mempengaruhi kondisi tubuh, termasuk wajah. Bahkan, hal itu juga akan berdampak pada kondisi gula darah dalam tubuh. Semakin tinggi kadar gula darah di dalam tubuh maka lemak juga akan semakin meningkat. Lemak ini akan membuat kondisi kulit wajah terlihat lebih berminyak. Kondisi ini yang memudahkan munculnya jerawat dalam kulit, terutama di wajah. Jenis makanan dengan kandungan gula tinggi seperti makanan ringan dalam kemasan.

 

  1. Lemak dalam daging

Ini adalah jenis makanan penyebab jerawat di wajah yang sebenarnya sering dikonsumsi. Makanan dengan kandungan lemak tinggi biasanya seperti jeroan, olahan daging, dan lainnya. Lemak yang cukup tinggi di makanan itu akan mempengaruhi kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini juga yang membuat peningkatan jumlah sebum di permukaan kulit. Bagi sebagian orang yang mengalami gangguan sebum di kulit maka kulit mereka akan cenderung berminyak. Minyak yang menutupi pori-pori akan berpotensi membentuk jerawat baru. Selain itu, lemak berlebihan di dalam tubuh juga akan menghambat peredaran darah. Ini akan mengganggu hormon tubuh.

 

  1. Makanan cepat saji

Mungkin jenis makanan ini menjadi primadona bagi sebagian orang. Apalagi rasa yang ditawarkan juga dianggap lebih enak. Namun, perlu diketahui bahwa makanan cepat saji seperti ayam goreng dan kentang goreng memiliki kandungan lemak jenuh sangat tinggi. Bahkan, jenis makanan ini hanya memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh metabolisme tubuh. Proses penyajian dengan menggoreng dalam waktu lama akan membuat makanan ini semakin banyak memiliki lemak. Jumlah lemak tinggi dari makanan ini biasanya mempengaruhi hormon dan sebum dalam kulit. Hal yang harus dihindari adalah mengkonsumsi makanan cepat saji bersamaan dengan minuman soda.

 

Itulah jenis makanan penyebab jerawat di wajah yang harus dihindari. Sebenarnya tidak ada larangan untuk mengkonsumsi seluruh makanan itu. Namun, konsumsi makanan itu sebaiknya dibatasi dan mulai mempertimbangkan banyak sayuran dan buahan. Selain itu, hitung juga jumlah nutrisi yang masuk dengan kegiatan fisik yang dilakukan setiap hari.

 

 

Speak Your Mind

*

Histats.com © 2005-2018 - GDPR: tracker policy -Integrate your policy - this website policy - Check/do opt-out