Cara Mudah Mengatasi Tidur Yang Mendengkur

Tidur mendengkur memang tidak berpengaruh pada diri sendiri. Namun sangat menggangu oranglain. Banyak yang menganggap ringan kebiasaan mendengkur seseorang. Padahal mendengkur merupakan sinyal terjadinya gangguan pada saluran pernafasan. Aliran udara yang tersendat di saluran pernafasan akan menyebabkan seseorang mendengkur. Aliran udara yang tersendat ini disebabkan karena sinus, atau udara yang tidak sehat.

Selain itu mendengkur juga bisa disebabkan karena kelebihan berat badan, kerap mengonsumsi alkohol dan makanan tinggi kolesterol, atau posisi tidur yang tidak tepat. Untuk mengatasi tidur mendengkur sebenarnya cukup mudah. Anda perlu tahu apa saja penyebabnya terlebih dulu barulah bisa menanganinya secara mudah. Jika karena posisi tidur, ubahlah posisi tidur tersebut menghadap samping. Begitu pula dengan cara lainnya. berikut ulasan selengkapnya untuk cara mudah mengatasi tidur mendengkur.

Berbagai Cara Mudah Mengatasi Tidur Yang Mendengkur

  1. Ubah posisi tidur

Posisi tidur juga bisa menentukan mendengkur atau tidaknya seseorang ketika terlelap. biasanya posisi tidur terlentang akan menyebabkan seseorang mendengkur. Pasalnya lidah akan tertarik kebelakang sehingga aliran udara mengalami penyempitan. Cobalah ubah posisi tidur menyamping. Anda bisa menggunakan sandaran seperti bantal, atau lainnya agar posisi tidur tidak kembali terlentag.

  1. Angkat posisi kepala saat tidur

Cobalah ubah posisi kepala anda ketika tidur. Topang dengan beberapa bantal agar posisinya lebih tinggi dari kaki namun tetap nyaman. Posisi seperti ini akan membantu anda membersihkan penghalang di area tenggorokan. Selain itu posisi tersebut juga membuat seseorang lebih rileks sehingga tidur pun terasa lelap dan tubuh lebih bugar pasca bangun.

  1. Bersihkan sinus

Bersihkan sinus secara tuntas sebelum tidur. Pasalnya sinus menjadi salah satu halangan aliran udara di rongga pernafasan. Inilah yang menyebabkan seseorang mendengkur ketika tidur. keluarkan kotoran di hidung dengan mengeluarkan udara secara keras dari hidung. Setelah dirasa tuntas barulah anda bisa tidur dengan posisi yang telah disebutkan diatas.

  1. Gunakan kontrol udara dalam kamar

Penyebab mendengkur juga bisa dikarenakan udara yang kering. Maka dari itu anda memerlukan kontrol udara dalam kamar. Hal ini bertujuan untuk menjaga udara agar tidak kering karena bisa mengiritasi rongga hidung. Selain itu kamar tidur pun akan memiliki uap air yang bagus dan cukup bagi sirkulasi pernafasan. Hasilnya anda akan tidur dengan udara yang berkualitas sehingga kemungkinan mendengkur bisa diredam.

  1. Hirup uap air sebelum tidur

Bersihkan rongga hidung sebelum tidur dengan menghirup uap air. Cara satu ini bisa anda lakukan agar rongga pernafasan menjadi lega. Basahi handuk anda dengan air hangat dan hirup uapnya secara perlahan. Cara satu ini juga ampuh untuk menghilangkan lendir penyebab mendengkur. Lakukan sebelum tidur jika dirasa saluran pernafasan anda tidak nyaman.

Selain menggunakan cara-cara diatas, anda pun mesti memperhatikan asupan makanan anda dan kontrol berat badan agar kemungkinan mendengkur saat tidur semakin kecil. semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*

Histats.com © 2005-2018 - GDPR: tracker policy -Integrate your policy - this website policy - Check/do opt-out