Cara Mudah Mencegah Munculnya Bekas Jerawat di Wajah

Mencegah Munculnya Bekas Jerawat

Mencegah Munculnya Bekas Jerawat

Bekas jerawat biasanya muncul karena luka yang diakibatkan dari tindakan tidak steril pada masa penyembuhan.

Salah satu penyebab munculnya adalah menekan secara paksa pada jerawat yang sudah matang. Sebenarnya tindakan menekan jerawat sangat dilarang. Selain menimbulkan bekas jerawat, tindakan itu justru akan membuat jerawat mengalami radang serius. Hal ini juga akan membuat jerawat lain muncul di sekitar bekas luka. Sebaiknya kamu melakukan beberapa pencegahan timbulnya bekas jerawat yang berlebihan. Beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya bekas jerawat di wajah seperti:

 

  1. Tidak menekan secara paksa bagian jerawat

Ini adalah saran penting yang dilakukan untuk mencegah munculnya bekas jerawat di wajah. Biasanya beberapa jerawat yang sudah matang akan memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan, pada fase ini sangat mudah untuk mengeluarkan isi jerawat. Hal ini yang menyebabkan banyak orang sangat tertarik untuk mengeluarkan isi jerawat dengan menekan secara paksa. Tindakan ini sering dilakukan dengan jari. Padahal, pada saat menggunakan jari untuk mengeluarkan isi jerawat belum tentu steril. Kondisi ini justru akan membuat bakteri baru masuk ke dalam bagian jerawat. Saat bakteri baru masuk, potensi jerawat baru akan muncul sangat besar.

  1. Menggunakan obat untuk mengurangi radang jerawat

Kamu juga bisa menggunakan obat jerawat untuk mengurangi radang. Biasanya radang jerawat terjadi karena kondisi tidak normal pada kulit yang membuat jerawat semakin besar. Bagian kulit juga mengalami iritasi yang besar dan kemerahan. Fase seperti ini biasanya akan membuat rasa gatal dan perih sekaligus. Kamu bisa menggunakan obat jerawat yang bisa dibeli di apotik untuk mengurangi radang. Bahkan, obat seperti ini juga bisa mengempeskan jerawat sehingga tidak meninggalkan bekas luka yang serius. Untuk menghindari efek samping berlebihan, mungkin kamu bisa mencoba untuk menggunakan masker alami yang terbuat dari putih telur, mentimun, tomat dan lainnya.

  1. Rutin membersihkan bagian wajah

Untuk mencegah munculnya bekas jerawat di wajah sebaiknya rutin membersihkan wajah. Saat ini sudah banyak sabun pembersih wajah yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi radang hingga menyembuhkan jerawat. Pilih sabun pembersih wajah yang tidak terlalu keras dan bersifat organik. Biasanya sabun seperti ini juga bisa menjaga kelembaban kulit dan mengurangi iritasi pada saat jerawat mengalami fase matang. Rekomendasi untuk membersihkan kulit wajah biasanya 3 kali sehari yaitu pada saat bangun pagi, siang hari dan sebelum tidur. Namun, kamu juga bisa membersihkan kulit wajah setelah melakukan banyak aktifitas di luar ruangan.

  1. Hindari penggunaan obat-obat keras

Saran lain yang bisa diperhitungkan untuk menghindari munculnya bekas jerawat adalah dengan menghindari penggunaan obat-obat keras pada kulit wajah. Kamu harus ingat bahwa obat yang memiliki reaksi terlalu cepat pada pembersihan kulit biasanya memiliki kandungan yang sangat berlebihan. Selain itu, kondisi seperti ini justru akan meninggalkan bekas tidak hanya pada bagian jerawat namun pada kulit yang sangat sensitif. Selalu gunakan obat luar untuk jerawat yang memang telah melalui pengujian klinis BPOM. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek samping yang sangat berlebihan pada bagian kulit wajah.

 

Sebenarnya ada banyak cara lain untuk mencegah munculnya bekas jerawat di wajah. Sangat disarankan untuk tetap menggunakan cara alami tanpa bahan kimia. Untuk menghindari efek samping berlebihan sebaiknya konsultasikan kondisi kulit kamu kepada dokter.

Speak Your Mind

*

Histats.com © 2005-2018 - GDPR: tracker policy -Integrate your policy - this website policy - Check/do opt-out