Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Seringkali kita mendengar penyakit asam urat. Penyakit yang menyerang area sendi ini disebabkan karena kadar asam urat yang terlampau tinggi. Asam urat ini sendiri merupakan limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin dari dalam sel tubuh. sebagian besar limbah dibuang melalui urine dan yang lainnya melalui tinja. Asam urat yang dibuang lebih sedikit dibandingkan yang diproduksi akan membentuk kristal tajam yang menyebabkan peradangan di area sendi.

Untuk mengobatinya anda bisa menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami tersebut berfungsi mentralkan kadar asam urat agar tidak melampui batas. Untuk mentralkan asam urat anda memerlukan bahan-bahan dengan kandungan basa dan asam yang cukup. Kedua sifat bahan makanan tersebut sangat cocok untuk melarutkan asam urat dan diproses secara cepat diginjal. Setelah itu asam urat yang larut akan dikeluarkan bersama dengan air seni dan kotoran. Berikut ulasan selengkapnya untuk cara alami mengobati asam urat.

Berbagai Cara Alami Mengobati Asam Urat

  1. Konsumsi makanan bersifat basa

Makanan bersifat basa mampu melarutkan asam urat kemudian dikeluarkan melalui urine. Pada dasarnya asam urat diproses melalui ginjal sehingga makanan basa sangat membantu dalam menetralisir asam urat. Anda bisa mengkonsumsi sayur, biji, buah dan aneka jenis kacang-kacangan. Konsumsi makanan basa secara teratur hingga kadar asam urat dalam tubuh menjadi stabil kembali.

  1. Jus cherry

Kalium dan sejumlah nutrisi lainnya pada cherry sangat efektif meringankan rasa sakit di persendian. Menurut data yang diterbitkan Havard University, buah kaya vitamin C ini kaya antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi. Fungsi kedua senyawa tersebut mampu meredam radikal bebas sehingga mencegah terjadinya peradangan. Kandungan asam yang pekat mampu mengimbangi kadar asam urat dalam urine dan darah.

  1. Jus lemon

Kandungan asam pada jus lemon mampu membantu tubuh dalam memproduksi kalsium karbonat. Kalsium karbonatnya ini bermanfaat menetralkan asam urat. Lemon juga kaya antioksidan sehingga efektif untuk mencegah radikal bebas. Resiko peradangan akibat asam urat pun bisa diminimalisir dengan mengonsumsi jus lemon. Pastikan anda mengonsumsi jus lemon dengan kondisi asam lambung yang stabil.

  1. Cengkeh dan ubi jalar

Kedua bahan alami ini mampu menetralkan kadar purin dalam tubuh. Olah 5 butir cengkeh dan  200 gramubi jalar dengan tambahan 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis dan 5 gram biji pala. Rebus bersama 1000 ml air dan 15 gram jahe merah. Tunggu hingga mendidih sampai tersisa setengahnya. Kemudian minum ramuan tersebut selagi masih hangat. Khusus ubi jalarnya anda bisa mengonsumsinya secara terpisah.

  1. Daun salam

Daun salam memiliki kalium yang tinggi sehingga kadar asam urat bisa dinetralkan secara efektif. Siapkan 10 lembar daun salam dan 2 gelas air. kemudian rebus hingga airnya tersisa separuhnya. Setelah air rebusan menghangat anda bisa mengonsumsinya secara teratur maksimal 3 hari 2 kali. Lakukan selama 1 bulan dan cobalah cek kadar asam urat dalam tubuh anda.

Selain mencoba cara diatas jangan lupa iringi dengan pola hidup sehat agar kadar asam urat anda tidak tinggi kembali. Selamat mencoba.

Speak Your Mind

*

Histats.com © 2005-2018 - GDPR: tracker policy -Integrate your policy - this website policy - Check/do opt-out