Beberapa Cara Untuk Mengobati Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat disebabkan karena sinus yang menumpuk di saluran pernafasan. Seringkali hidung tersumbat juga dikaitkan dengan pilek dan flu. Keduanya memang erat kaitannya dengan masalah satu ini. Mengatasi hidung tersumbat terbilang mudah. bahkan dengan cara sederhana sekalipun anda bisa mengencerkan lendir yang menumpuk di area hidung. Anda perlu mandi air hangat atau mengonsumsi makanan yang sifatnya hangat agar lendir bisa diencerkan secara optimal.

Karena dengan cara alami tentu anda tidak perlu khawatir dengan efek sampingnya. Selain itu cara-cara tersebut juga cocok dilakukan untuk semua kalangan termasuk anak-anak. Jika anda enggan minum obat dan ingin mencoba cara sederhana, maka anda bisa mencoba cara alternatifnya. Secara garis besar mengobati hidung tersumbat adalah dengan mengencerkan lendir sehingga mudah keluar. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk cara mengobati hidung tersumbat yang bisa anda coba.

Berbagai Cara Untuk Mengobati Hidung Tersumbat

  1. Mandi air hangat

Cara paling sederhana adalah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat akan memberikan efek rileksasi dan mencairkan lendir yang menyebabkan hidung tersumbat. Uap air hangat akan menembus hidung dan melegakannya secara efektif. Sangat disarankan untuk mandi air hangat menjelang tidur agar tidur lebih rileks dan bebas mendengkur karena hidung tersumbat.

  1. Konsumsi air putih

Upayakan agar tubuh tetap terhidrasi selama hidung tersumbat. Air putih yang cukup akan membantu meringankan kinerja saluran pernafasan dan melancarkan aliran sinus yang menyumbat hidung. Anda bisa meminum air hangat untuk melegakan area pernafasan. Selain itu air hangat juga efektif untuk membuang racun dalam tubuh secara efektif.

  1. Posisi kepala yang tepat saat tidur

Posisikan kepala yang tepat ketika tidur. posisi kepala yang lebih tinggi dari tubuh akan memungkinkan lendir keluar. Selain itu aliran lendir pun tidak akan terjebak di saluran hidung yang menyebabkan sesak nafas. Cara satu ini juga efektif agar tidur anda tetap nyaman. Anda pun akan terbebas dari kesulitan bernafas dengan posisi kepala yang demikian.

  1. Steaming

Ambilah baskom berisi air hangat kemudian kurungi kepala anda dengan handuk bersih. Hadapkan area wajah menuju uap air hangat. Upayakan agar uap air langsung terhirup ke area hidung. Steaming ini bermanfaat melancarkan lendir agar mudah keluar. Lendir dan racun pun akan maksimal keluarnya dengan melakukan steaming. Anda bisa menambahkan aromaterapi agar proses steaming lebih efektif.

  1. Konsumsi teh herbal

Teh herbal bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat dari dalam. Pasalnya kandungan herbal alaminya mampu meredakan aliran lendir yang menumpuk. Teh herbal juga berfungsi mengencerkan lendir dan memperbaiki saluran pernafasan. Konsumsi teh herbal selagi hangat. Anda bisa menambahkan madu untuk memaksimalkan khasiatnya.

Itu dia berbagai cara mudah untuk mengobati hidung tersumbat. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Speak Your Mind

*

Histats.com © 2005-2018 - GDPR: tracker policy -Integrate your policy - this website policy - Check/do opt-out