10 Cara Menjaga & Merawat Kesehatan Kulit Pada Wajah

Baik itu laki-laki maupun  wanita dalam hidupnya akan sangat memperhatikan kondisi wajahnya, apabila ada masalah dibagian tersebut dapat menurunkan  tingkat kepercayaan diri.

Dengan begitu, saya kira menjaga dan merawat wajah merupakan  sesuatu yang penting. Bahkan ada sebagian orang rela mengeluarkan sebagian budget uangnya hanya untuk perawatan wajah. Akan tetapi tak semua orang dapat  mampu melakukan itu karena masalah finansial.

Sebenarnya untuk melakukan  perawatan pada wajah bukanlah hal yang sulit untuk dilakulan, kunci utamanya yaitu rajin. Milikilah sifat rajin dan buanglah jauh-jauh sifat malas, sehingga Anda nantinya dapat merawat dan menjaga kesehatan kulit wajah dengan sangat baik.

Beberapa  masalah yang sering terjadi pada kulit:

Kulit kering dan kusam: yaitu dimana  kondisi kulit yang cenderung memiliki tektur yang kasar dan pecah-pecah jika diraba. Bahkan dapat  beresiko muncul radang.

Kulit berminyak: berupa cairan yang  keluar di permukaan wajah dalam jumlah cukup banyak.

Kulit berjerawat dan berkomedo: berupa adanya benjolan-benjolan berwarna hitam  berukuran kecil yang terdapat di wajah.

Berikut beberapa tips mengenai cara menjaga kulit wajah yang sehat dan bersih, ataupun merawat wajah secara umum, berikut di bawah ini pembahasan lengkapnya.

1. Jadilah Sosok Pribadi yang Mudah Untuk Tersenyum
Tersenyum sangat mudah untuk dilakukan, dengan tersenyum maka wajah dapat tampak semakin indah dan orang-orang pun akan senang untuk melihat.

Tersenyum memberikan manfaat kepada Anda, bukan hanya untuk keindahan dan kemanisan wajah, tetapi juga berdampak positif bagi kehidupan sosial Anda, karena umumnya orang menyukai  orang yang lemah lembut,  ramah dan mudah tersenyum.

Studi yang dilakukan tahun 2011 menemukan bahwa tersenyum secara lepas (bukan tersenyum dibuat-buat / palsu) akan dapat  menjadikan seseorang awet muda.

Mulailah untuk mudah tersenyum yang dapat membuat Anda lebih baik dalam kehidupn sosial, serta dapat tampak lebih muda. Sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda yang berisi 481 peserta. Dimana para peserta diminta membuat pose dengan berbagai bentuk wajah. Mereka diminta mengekspresikan berbagai bentuk emosi yang bermacam-macam.

Dan hasil penelitian menunjukan, bahwa peserta yang walaupun sudah berusia diatas 40 tahun dapat terlihat lebih muda hanya dengan tersenyum. Tersenyum sangat mudah dilakukan.

Adapun penjelasan ilmiahnya mengapa terseyum dapat membuat seseorang tampak awet muda, hal itu karena otot-otot wajah yang bergerak naik saat tersenyum akan sedikit mengangkat wajah, yang ini dapat membantu wajah lebih awet muda.

2. Terpenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
Tubuh kita sebagian besar tersusun  dari air. Kondisi tubuh yang kekurangan air dapat mengakibatkan masalah serius pada kesehatan, salah satunya adalah  penyakit yang barkaitan dengan masalah kekentalan darah. Bakhkan kekurangan cairan tubuh dapat meningkatkan resiko stroke.

Apabila kebutuhan tubuh akan cairan telah tercukupi, maka akan ada banyak manfaat yang diperoleh. Salah satunya adalah wajah akan dapat menjadi lebih awet muda.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, konsumsi yang paling utama dan sehat yaitu air putih.

Kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Nah, dengan memperbanyak minum air putih hingga sesuai kebutuhan caitan tubuh, sangat penting untuk membuat kulit wajah menjadi lembut dan lembap.

Kurang minum air putih mengakibatkan penurunan elastisitas kulit, yang membuat kulit wajah rentan mengalami penuaan dini yaitu keriput. Untuk mencegah hal ini pada kulit wajah, maka cukupilah minum air putih dalam setiap harinya.

Kurang minum air putih bias juga mengakibatkan munculnya jerawat. Sehingga manfaat lainnya dari banyak minum air putih bagi wajah yaitu bisa membantu mencegah  menghilangkan jerawat di wajah.

Perbanyak minum air putih juga bisa bermanfaat untuk memperlancar sistem peredaran darah, yang hal ini sangat baik bagi kulit wajah.

  1. Menjaga kualitas tidur
    Sebuah kebiasaan yang dapat membuat kerusakan pada kulit tubuh yaitu bergadang. Jika memang terpaksa maka Anda boleh begadang, itupun hanya sesekali saja, jangan dijadikan kebiasaan. Terlalu sering begadang berdampak buruk bagi kulit dan kesehatan tubuh secara umum.

    Tidur yang terlalu larut malam, atau jam tidur yang kurang mengakibatkan resiko tinggi kulit menjadi kusam dan juga membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi (kekurangan cairan ).

    Penting kualitas tidur yang baik yaitu karena saat malam hari kulit akan beregenerasi, yang bermanfaat agar kulit menjadi sehat, cerah dan tampak indah.

    Dengan tidur lebih awal pada malam hari maka bisa membuat andaselalu bangun di awal pagi atau waktu shubuh dengan kondisi yang segar dan cerah. Waktu shubuh ini merupakan saat yang paling baik bagi seseorang untuk bangun tidur.

    Agar tidur anda menjadi lebih berkualitas, komputer, maka mematikan TV, laptop, dll sekitar setengah jam sebelum tidur. Selain itu, matikan lampu saat tidur, sehingga Anda tidur dalam keadaan gelap gulita, hal ini sangatlah baik.

    Saat tidur dalam keadaan gelap gulita maka tubuh akan memproduksi hormon melatonin. Manfaat dari hormon melatonin ialah dapat membantu memperbaiki kualitas siklus tidur seseorang, yang dapat membuat tidur anda lebih nyaman dan munculnya rasa kantuk yang baik agar tidur menjadi nyaman.

    4. Terpar Sinar Matahari Berlebihan
    Sebenarnya sinar matahari yang bagus yaitu pagi  pada jam 06:00 – 09:30 WIB mempunyai  manfaat penting bagi kesehatan. jika sudah masuk waktu tengah hari (terutama jam 12.00) maka teriknya sinar UV tersebut dapat  membakar dan merusak kulit, hal ini yang dapat membahayakan kulit wajah dan kulit tubuh Anda secara umum.

    hindari teralu lama berada di bawah sinar matahari, terutama pada saat tengah siang bolong. Apabila Anda terpaksa untuk menjalani aktivitas yang banyak terkena paparan sinar matahari, maka disarankan untuk menggunakan produk tabir surya yang mengandung SPF 45.

    5. Diusahakan Tangan Agar Tidak Menyentuh Jerawat
    Kulit wajah merupakan bagian yang bagian sensitif sehingga kita harus peka mengenai bagian tubuh yang satu ini. Jika melakukan hal-hal yang kurang bersih pada wajah, yang dapat berdampak bakteri merajalela di kulit wajah, maka hal ini dapat mengakibatkan banyak masalah pada kulit wajah.
    Dikhawatirkan jika tangan menyentuh jerawat, maka dapat membuat jerawat semakin sulit dan lama dibersihkan pada wajah.

    Oleh karena itu juga, jika memang sudah menjadi kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan, maka pastikan tangan selalu dalam keadaan bersih. Sehingga Anda akan  terhindar dari masalah yang satu ini yaitu menyebaran bakteri yang cepat melalui media tangan.

    6. Jangan Sampai Malas untuk Membersikan Wajah
    Hal yang sangat tak baik jika kita malas untuk membersihkan wajah setelah bepergian. Padahal di luar (apalagi saat di jalan) banyak debu dan kotoran yang bertebaran dan mengenai wajah.

    Sehingga jika wajah tak dibersihkan, dikhawatirkan ini akan menjadi celah bagi penyebaran kuman dan bakteri di wajah, yang akhirnya memberikan dampak buruk bagi wajah.

    Mencuci wajah dapat hanya dengan menggunakan air bersih saja. Tetapi sesekali (terutama setelah baru dari luar) perlu untuk memberikan wajah menggunakan sabun wajah. Pilihlah sabun yang cocok bagi kulit wajah Anda.

  2. Berolahraga dapat Membuat Awet Muda
    Hal itu karena saat berolahraga, maka terjadinya peningkatan sirkulasi darah di dalam tubuh tubuh, sehingga sirkulasi darah menjadi optimal. Hal ini berguna agar suplai oksigen dan nutrisi di dalam tubuh menjadi lebih lancar, yang manfaatnya bagi kesehatan tubuh secara umum, yang termasuk kulit akan menjadi lebih indah dan sehat.

    Mempunyai kebiasaan baik olahraga merupakan salah satu cara agar metabolisme tubuh menjadi optimal. Dimana keringat yang keluar akibat berolahraga ini, mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat kotoran dengan sangat baik. Hal ini bermanfaat agar kulit menjadi lebih bersih dan cerah .

    8. Gunakan Perbersih Wajah( Moisturizer) yang Cocok untuk Wajah
    Tujuan penggunaan-nya yaitu agar kulit wajah terhindar dari dehidrasi ( kekurangan cairan ). masalah kulit kering ini dapat beresiko kulit rentan mengalami penuaan dini seperti keriput. Anda dapat menggunakan produk pelembab setelah mencuci wajah.

    Yang namanya produk untuk kulit wajah, maka ada banyak macam-macam merek produknya, pilihlah dan gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Contohnya bagi Anda yang mempunyai jenis kulit yang berminyak, maka solusinya yaitu gunakan jenis produk pelembab non-oil atau non-comedogenic, tujuannya yaitu agar meminimalisir efek samping, seperti memperparah kondisi jerawat yang sudah ada.

    9. Membatasi  Konsumsi Makanan yang Mengandung Gula
    Konsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan beresiko bisa  merusak sel kulit. Sehingga penting untuk membatasi konsumsinya, termasuk konsumsi nasi putih yang mempunyai kandungan gula yang berada di dalamnya. Dimana nasi mengandung banyak kalori  dan  karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh,  dan mempunyai asupan gula cukup tinggi.

    Untuk menganitisipasinya maka Anda dapat melakukan variasi  yaitu dengan mengonsumsi nasi putih dan nasi merah. Karena pada nasi merah tak mempunyai  kandungan gula yang tidak sedikit , berbeda dengan nasi putih.

    Demikian juga, batasi minum teh dan kopi. Dan  hindari juga mengonsumsi minuman alkohol, minuman bersoda, kaleng dan semacamnya.

  3. Bekas Make Up di Wajah Jangan Dibawa Tidur
    seorang pakar perawatan kulit James C Marotta MD, merupakan dokter spesialis bedah plastik, menjelaskan bahwa bahan make up atau bahan riasan wajah lainnya yang tak dibersihkan dalam waktu lama, dapat berdampak serius bagi kulit wajah.

    Apabila Make up wajah tidak dibersihkan sebelum tidur berakibat pada pori-pori wajah yang tersumbat dan kulit sulit bernapas. Sangat dikhawatirkan dapat memicu gangguan kulit, seperti kulit kekeringan, wajah memerah, kerutan dan muncul jerawat di wajah.

 

Speak Your Mind

*